Nasib ABK TB Pulau Mas 07 Pasca Dievakuasi Tim Sar Gabungan

KalbarOnline, Kubu Raya – Tim SAR gabungan yang terdiri dari personel SAR Pontianak, TNI AL, Polair Polda Kalbar, dan Polsek Batu Ampar serta masyarakat setempat melakukan evakuasi terhadap tenggelamnya TB Pulau Mas 07, pada Senin (25/09/2023).

TB Pulau Mas 07 ini karam pasca dihantam oleh cuaca ekstrem di perairan Muara Padang Tikar, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya, pada Minggu (24/9/23) pukul 19.00 WIB.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aiptu Ade menyampaikan, bahwa pencarian 8 anak buah kapal (ABK) dinyatakan selesai pada Senin (25/09/2023) dan ke delapannya dinyatakan selamat.

Baca Juga :  Bupati Kubu Raya Keluarkan Edaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat Saat Nataru

“Hari ini Tim SAR gabungan melakukan upaya evakuasi TB Pulau MAS 07 agar tidak menghambat jalur di perairan,” katanya, Rabu (27/09/2023) siang.

Ade menjelaskan kronologis singkat tenggelamnya TB Pulau MAS 07, yakni bermula pada Sabtu (23/09/2023), diketahui TB Pulau Mas 07 bertolak dari Muara Kabu menuju ke Ketapang. Kemudian pada Minggu (24/09/2023) sekira pukul 17.00 WIB, TB Pulau Mas 07 tenggelam karena kapal masuk air akibat cuaca ekstrem di perairan Muara Padang Tikar.

Baca Juga :  PSP Pedas Imbau Pemancing Sungai Pawan Gunakan Jaket Pelampung dan Tak Pakai Alat Setrum

“Pencarian terhadap kapal tersebut sempat terhambat akibat cuaca buruk, namun kedelapan awak kapal berhasil diselamatkan oleh Tim SAR gabungan yang dibantu warga setempat,” ujarnya.

Atas insiden ini, Polres Kubu Raya mengimbau kepada masyarakat khususnya pengguna jalur air, baik nelayan, kapal penumpang dan kapal angkutan, untuk selalu berkoordinasi dengan petugas terkait agar mendapatkan informasi cuaca, sehingga kejadian serupa tidak terjadi saat berlayar.

Sumber: Humas Polres Kubu Raya/Aipda Ade.

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment