Gubernur Sutarmidji Pimpin Apel Peringatan Hari Pramuka ke 62 Tahun 2023

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji memimpin apel peringatan Hari Pramuka ke 62 Tahun 2023, di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Senin (14/08/2023).

Apel ini turut dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson.

Ketika membacakan Sambutan Ketua Kwartir Nasional, Komjen Budi Waseso, Gubernur Kalbar mengungkapkan, bahwa peringatan Hari Pramuka ke 62 ini juga sekaligus memperingati 111 tahun keberadaan Gerakan Kepanduan di Bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.

“Kita perlu mengucapkan banyak terima kasih Kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa atas nikmat dan berkah-Nya, gerakan pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program Pemerintahan, serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter,” tuturnya.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji memimpin apel peringatan Hari Pramuka ke 62 Tahun 2023, Senin (14/08/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji memimpin apel peringatan Hari Pramuka ke 62 Tahun 2023, Senin (14/08/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Adapun tema yang diangkat pada Peringatan Gerakan Pramuka ke 62 Tahun 2023 adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke 62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Baca Juga :  Pj Gubernur Harisson Harap UU Kesehatan Baru Jadi Solusi Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Sutarmidji menyampaikan, tema tersebut menunjukkan semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, di samping wawasan kebangsaan yang sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, melainkan tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara.

Selanjutnya, pada tahun ini juga akan dilaksanakan sejumlah Kegiatan nasional diantaranya, Raimuna Nasional, Perkemahan Bhakti Satuan Karya atau Pertisaka, Bhakti Husada, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra-Putri Nasional, serta Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh.

“Marilah kita bersama-sama mendukung dan mensukseskan kegiatan tersebut”, harap Ketua Kwarnas dalam sambutan yang dibacakan Gubernur Kalbar.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji foto bersama usai apel peringatan Hari Pramuka ke 62 Tahun 2023, Senin (14/08/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji foto bersama usai apel peringatan Hari Pramuka ke 62 Tahun 2023, Senin (14/08/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Seusai acara, Gubernur Kalbar menjelaskan, bahwa diperlukan kejujuran dan kedisiplinan dan terus mengasah kemampuan di segala aspek. Sesuai dengan sambutan Ketua Kwartir Nasional tentang bagaimana meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia melalui pramuka.

Baca Juga :  Covid Usai, Namun Rute Penerbangan Pontianak - Kuching di Bandara Supadio Belum Dibuka

“Ini merupakan tantangan bagi para pembina dan lain sebagainya supaya bisa membekali pramuka itu dengan skill-skill yang baik dan dibutuhkan oleh negara ketika terjadi bencana, dalam pembangunan dan lain sebagainya,” ucapnya.

Pada upacara tersebut juga diberikan Penganugerahan tanda penghargaan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka berupa Lencana Dharma Bhakti kepada 16 orang tokoh yang memiliki kontribusi dan berjasa dalam Pembinaan Gerakan Pramuka.

Mereka diantranya Erlina yang juga merupakan Bupati Mempawah, Hendry Jurnawan, Muhammad Asfahani Arsyad, Makmur Ma’ruf, AKBP Purnawirawan Syarifah Salbiyah, Dailami, Mansyur, Raden Firman Budi Santosa, Firdaus Zairin, Muhammad Pagi, Trisnawati, Yohanes Baptista, Dini Eka Wahyuni, Muhammad Fadli, Gatot Widodo serta Sekda Provinsi Kalbar, Harisson. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment