Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter 26, Gubernur Sutarmidji Berikan Kiat Pertahankan Semangat Beribadah

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyambut kedatangan jemaah haji kloter 26 Kalimantan Barat, di Hotel Orchardz, Jumat (28/07/2023).

Dalam sambutannya Gubernur Kalbar mengungkapkan rasa syukurnya karena jamaah haji asal Kalbar dapat tiba dengan selamat.

“Dalam rangka melestarikan kemabruran haji para jamaah, ada beberapa pesan yang ingin saya sampaikan diantaranya yang pertama tingkatkan hubungan dengan Allah, kedua tingkatkan hubungan antar sesama manusia dengan cara menjalin silaturahmi antara jamaah haji lain dan umat muslim lainnya, ketiga tingkatkan sedekah dan infak kepada orang yang membutuhkan”, ujarnya.

Selanjutnya ia berharap agar seluruh jemaah haji yang tiba, kedepannya untuk dapat bergabung ke Ikatan Persaudaraan Haji di wilayahnya masing-masing. Hal ini tak lain agar terjalin silaturahmi yang baik antar jemaah serta menjadi wadah untuk bertukar pikir serta pengalaman dalam pengelolaan penyelenggaraan haji yang baik.

“Bergabunglah dalam wadah atau organisasi perhajian yaitu Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia di kabupaten atau kota masing-masing di tempat asal  ibu bapak jamaah haji berada. Dengan adanya wadah para jamaah haji dapat bersilaturahmi antara satu sama lain”, ucapnya.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Peringatkan Distributor Jangan Coba-coba Timbun Sembako

Dirinya juga memberikan saran kepada para jamaah haji untuk 3 hari ke depan agar mengkonsumsi air hangat untuk menjaga kesehatan para jamaah haji. Hal ini mengingat kondisi lingkungan yang berbeda antara tanah suci dan kampung halaman.

Sebelum mengakhiri sambutannya, ada satu hal unik yang terlihat saat penyambutan tersebut. Di mana ia terpukau dengan salah satu jamaah haji yang tampil beda dan nyentrik dengan jubah emas dan kacamata hitamnya. Hal ini menarik perhatian orang nomor satu di Kalbar ini.

“Ada pak haji yang bejubah emas, pakai kacamate hitam, di depan saye. Berape beli kacamate tu Pak?”, tanya Sutarmidji.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyambut kedatangan jemaah haji kloter 26 Kalimantan Barat, di Hotel Orchardz, Jumat (28/07/2023). (Foto: Jauhari)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyambut kedatangan jemaah haji kloter 26 Kalimantan Barat, di Hotel Orchardz, Jumat (28/07/2023). (Foto: Jauhari)

“5 riyal”, jawab pria paruh baya tersebut dengan lantang.

Jawaban itu pun sontak membuat suasana ruangan tersebut menjadi meriah dan penuh tawa, tak terkecuali dengan Sutarmidji sendiri yang ikut tertawa.

Baca Juga :  Bahasa Melayu Pontianak Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Sembari menutup sambutannya, kembali Sutarmidji berharap semoga jemaah bisa segera bertemu keluarga di rumah dengan  selamat.

Untuk diketahui, jemaah kloter 26 ini tiba dari bertolak dari batam pada pukul 12.00 WIB dan mendarat di Bandara Supadio tepat pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, kloter 26 ini bergerak dari Madinah menuju Batam pada tanggal 27 Juli 2023 dan tiba di Asrama Haji Batam pada 00.45 WIB subuh tadi.

Adapun jumlah jemaah pada penerbangan pertama adalah 186 orang yang terdiri dari jemaah Haji dari Kota Singkawang dan Kabupaten Mempawah.

Kemudian untuk penerbangan kedua membawa 183 orang yang terdiri dari jemaah haji Kabupaten Mempawah dan Kota Pontianak pada sore harinya.

Turut hadir dalam acara penyambutan jamaah haji ini Kepala Biro Kesejahteraan Provinsi Kalimantan Barat Ir. Mulyadi,M.Si serta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Muhajirin Yanis. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment