Gubernur Minta Jemaah Haji Tetap Istikamah Semangat Beribadah

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyambut kedatangan jemaah haji kloter 27 penerbangan gelombang kedua, di Hotel Orchardz, Sabtu (29/07/2023). Jemaah tersebut diantranya berasal dari Kabupaten Landak, Kabupaten Sambas dan Kota Singkawang.

Usai menyambut satu persatu para jemaah tersebut, Gubernur Sutarmidji mengungkapkan, bahwa setelah menjalani ibadah kurang lebih 42 hari, ia berharap para jemaah haji tetap mempertahankan (istikamah) kualitas keimanan dan ketakwaan seperti yang dijalankan di tanah suci.

“Dengan mengucap syukur alhamdulillah pada hari jemaah haji haji asal Kabupaten Sambas, Kabupaten Landak dan Kota Singkawang yang tergabung dalam kloter 27 telah sampai dengan selamat di Kota Pontianak,” ucap Sutarmidji.

Ia pun berpesan kepada seluruh jemaah untuk terus meningkatkan kualitas ibadah, jangan sampai ibadah yang dijalani selama di tanah suci tidak dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari atau sekembali ke tanah air.

Baca Juga :  Dekranasda Kalbar Dikunjungi Istri Para Dewan Komisaris dan Direksi BPD se-Indonesia

Selain itu, orang nomor satu di Kalbar tersebut meminta kepada jemaah dapat bergabung dan menjadi anggota Ikatan Pengurus Haji Indonesia (IPHI) Kalbar di daerah masing-masing, sehingga hubungan masing-masing jemaah haji bisa terus terjaga.

“Kalau bisa bapak ibu bisa menjadi bagian dari keanggotaan Ikatan Pengurus Haji di daerah masing-masing, sehingga bisa terjalin hubungan antar sesama jemaah haji,” harapnya.

Selain itu, dirinya juga meminta maaf kepada seluruh jemaah apabila dalam pelayan yang diberikan masih terdapat kekurangan, baik dari persiapan saat berangkat ke tanah suci hingga kedatangan, yang pasti di antara semua itu masih terdapat kekurangan.

“Karena tidak ada satu kegiatan yang sempurna dan pasti ada kekurangan dan sebagainya,” jelasnya.

Baca Juga :  Monev 10 Program Pokok PKK Kalbar oleh TP PKK Pusat

Muhammad Fikri, jemaah asal Kabupaten Sambas merasa bersyukur bisa menunaikan ibadah haji. Dirinya tidak menyangka bisa berangkat untuk menunaikan rukun Islam kelima itu di tahun ini. Fikri mengaku sangat bahagia dapat memenuhi undangan ke rumah Allah di tanah suci Mekkah.

“Syukur alhamdulillah saya bisa berangkat di tahun ini dan bisa pulang dengan selamat, tentu ini menjadi kebahagiaan bagi diri saya pribadi selama mengikuti perjalanan dan menunaikan ibadah haji. Mudah-mudahan atas izin Allah, saya dan para jemaah yang lain mampu menjaga predikat haji ini dengan baik,” tuturnya.

Turut hadir dalam acara penyambutan jamaah haji ini perwakilan Biro Kesejahteraan Provinsi Kalimantan Barat serta perwakilan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment