Wagub Kalbar Harap Duta Genre Bisa Sosialisasikan Tidak Nikah Usia Dini

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan berpesan kepada pemenang Duta Genre Tahun 2023 untuk membantu mensosialisasikan kepada pada remaja, untuk tidak menikah di usia dini.

“Saya berpesan kepada Duta Genre yang terpilih untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakat dan terutama kepada remaja dan teman-temannya, tidak menikah di usia dini,” ujarnya.

Menurut Norsan, menikah di usia dini banyak menyebabkan risiko, yang salah satunya adalah melahirkan anak yang stunting.

“Jadi nantinya Duta Genre ini bisa mempromosikan kepada teman-temannya untuk tidak menikah usia dini,” katanya.

Norsan berharap kepada para remaja ini punya rencana dalam berkeluarga, sesuai dengan usia ideal menikah menurut BKKBN, yakni untuk perempuannya usia menikah minimal 21 tahun dan ideal pria menikah di usia 25 tahun.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan foto bersama pada acara pemilihan Duta Genre Tahun 2023. (Foto: Indri)
Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan foto bersama pada acara pemilihan Duta Genre Tahun 2023. (Foto: Indri)

Norsan menyebutkan, bahwa angka pernikahan usia dini di Kabupaten Sambas cukup tinggi, sehingga menyebabkan tingginya angka stunting, dan program kedepannya dilakukan penanganan yang serius, agar angka stunting ini bisa diturunkan.

Baca Juga :  Berhasil Turunkan Stunting Secara Signifikan, Pontianak Raih Penghargaan dari Gubernur Kalbar

“Kita sudah ada program penyuluhan, terutama penyuluhan kepada anak-anak kita tentang agama,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Pintauli Romangasi Siregar mengatakan, pemilihan Duta Genre ini adalah program rutin yang setiap tahunnya digelar di seluruh provinsi di Indonesia.

“Para Duta Genre ini adalah utusan pemenang yang sangat luar biasa dari seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat sebanyak 14 pasang atau keseluruhannya sebanyak 28 peserta, untuk memilih kembali yang pemenangnya akan diutus ke tingkat nasional, pemenangnya membawa program Genre yang ada di Kalimantan Barat, kira-kira seperti apa yang sudah mereka lakukan,” jelasnya.

Duta Genre ini lanjut Pintauli, adalah model, yang bisa menggarap suatu program. “Karena program ini ternyata bisa dilihat semua orang, dan lebih menyemangati lagi mereka diberi full untuk bisa membuat inovasi dan membuat berbagai hal untuk mengajak teman Genrenya untuk tahu apa itu program Generasi Berencana yang nantinya menjadi bekal mereka di kemudian hari,” terangnya.

Baca Juga :  Camat Muara Pawan Imbau Warga Tak Bakar Lahan dan Tangkap Ikan Dengan Melanggar Aturan

Adapun pemenang pemilihan Duta Genre Kalimantan Barat Tahun 2023, yakni juara I putra Dandi Erl Efendi dari Kabupaten Sambas, juara 1 putri Hifsila Bintang Fortuna dari Kabupaten Sintang, juara II putra Dilan Tiyo Pratama dari Kabupaten Kayong Utara, juara II putri, Glorie Exellin Santono dari Kabupaten Sanggau, juara III putra Aditya Catur Nugroho dari Kota Singkawang, juara III putri Zahraa Amelia Viatmaja dari Kabupaten Kubu Raya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment