KSP Moeldoko: Kita Mesti Belajar ke Ketapang Soal Menjaga Lingkungan

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan mendampingi kunjungan Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko ke Pusat Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) Ketapang, Kamis (20/07/2023).

KSP Moeldoko dalam kesempatan tersebut mengajak masyarakat agar menjaga lingkungan, karena perkembangan lingkungan dari waktu ke waktu mengalami kemunduran. Oleh karena itu pula, dikatakan beliau, pemerintah telah memiliki program menuju kepada zero emission.

Selain itu, Purnawirawan Jenderal TNI ini juga memberikan apresiasi kepada Kabupaten Ketapang yang telah menjaga lingkungan.

“Kita mesti belajar ke Ketapang ini, kalau ditempat lain banyak orang membakar hutan, justru di Ketapang ini semua bersiaga untuk menghadapi kebakaran hutan,” pujinya.

“Saya menaruh rasa hormat kepada ibu-ibu siaga kebakaran ini, yang berdiri paling depan menghadapi kebakaran,” lanjutnya.

Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko memimpin pelepasliaran orang utan di Pusat Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) Ketapang, Kamis (20/07/2023). (Foto: Adi LC)
Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko memimpin pelepasliaran orang utan di Pusat Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) Ketapang, Kamis (20/07/2023). (Foto: Adi LC)

Selanjutnya, KSP Moeldoko kagum karena di tengah Kota Ketapang ada hamparan hutan 200 hektar yang terlindungi dengan baik.

Hamparan hutan itu adalah kawasan Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) yang berlokasi di Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Isolasi Mandiri Tak Efektif, OTG Korona Akan Disediakan Tempat Khusus

Pada kesempatan itu, Moeldoko juga mengaku kagum dengan anak muda yang mau mengabdikan diri untuk orang utan di YIARI tersebut.

“Saya juga kagum, anak-anak muda merelakan hidupnya untuk merawat orang utan, saya melihat tadi, ada anak wanita, perempuan, yang semestinya dia bisa berbahagia di kota, tapi dia korbankan kehidupannya untuk menjaga hutan dan orangutan berada di sini,” ucap beliau.

“Kadang-kadang kita yang di Jakarta, kita yang di kota-kota itu tidak paham bahwa dari tangan merekalah lingkungan itu terjaga dengan baik,” tegasnya.

Pada kesempatan itu pula, Moeldoko juga mengaku bangga dan bahagia bisa mengunjungi Kabupaten Ketapang. Apalagi, kata Moeldoko, hari ulang tahunnya dirayakan oleh ribuan orang.

“Ulang tahun saya itu biasanya dirayakan di rumah, pake nasi kuning, paling beberapa orang saja, nggak lebih dari itu, setiap tahun seperti ini, di sini dirayakan oleh ribuan orang, ini sangat luar biasa sekali,” tutur pria yang pernah menjabat sebagai Pangdam XII Tanjungpura tersebut.

Baca Juga :  Hujan Sehari, 150 RT di Jakarta Terendam Banjir
Kunjungan kerja Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko di Kabupaten Ketapang mendapat sambutan antusias dari masyarakat. (Foto: Adi LC)
Kunjungan kerja Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko di Kabupaten Ketapang mendapat sambutan antusias dari masyarakat. (Foto: Adi LC)

KSP Moeldoko juga menceritakan apa yang diraihnya sampai menjadi panglima TNI itu karena dengan belajar.

“Oleh karena itu, Saya berpesan hanya dengan belajar semua itu bisa berubah. Saya yakin Ibu dan Bapak-bapak pasti mengawal anak-anaknya dengan baik,” pesan Moeldoko.

“Kawal mereka dengan kesehatannya, kawal mereka mengikuti pendidikan dengan sebaik-baiknya dan saya yakin suatu saat akan lahir seorang jenderal seperti saya di Ketapang ini,” tutup beliau.

Selanjut, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penanaman pohon dan pelepasan orang utan yang direhabilitasi secara simbolis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Ketapang, Manager YIARI Ketapang, kepala OPD, camat, kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, panitia dan lainnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment