by

Lima Ruko di Ketapang Ludes Terbakar : Diduga Akibat Korsleting Listrik

11 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

KalbarOnline, Ketapang – Lima bangunan ruko yang dijadikan tempat usaha di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan ludes terbakar api, Sabtu (20/4/2019) siang.

Informasi dihimpun, api pertama kali menghanguskan satu di antara bangunan ruko yang dijadikan tempat usaha bengkel sepeda motor. Sejumlah mobil pemadam kebakaran kemudian dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Api berhasil dipadamkan setelah dua jam kemudian.

Lima ruko di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Mulia Baru, Ketapang terbakar
Lima ruko di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Mulia Baru, Ketapang terbakar (Foto: Adi LC)

Ketua Badan Pemadam Api Suprapto ( BPAS) Ketapang, Arfianto mengatakan pihaknya mendapat informasi api sudah mulai membesar sekitar pukul 13.05 wib. Mendapat laporan tersebut pihaknya segera meluncur ke lokasi. Api berhasil dipadamkan setelah dua jam kemudian.

“Ada lima ruko yang terbakar, api berasal dari lantai dua bangunan ruko paling tepi yang dijadikan tempat usaha bengkel motor,” kata Arfianto, Ketua Badan Pemadam Api Suprapto (BPAS) Ketapang saat dikonfirmasi.

Dalam kebakaran tersebut, sebanyak 11 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Belum diketahui secara pasti sumber api. Namun, kuat dugaan api berasal dari korsleting arus pendek listrik di lantai dua ruko.

“Dari BPAS ada 3 unit mobil pemadam, Damkar Pemda Ketapang 5 unit dan BPK 3 unit. Jadi total ada 11 unit mobil pemadam yang diturunkan,” ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran itu. Namun, kerugian akibat kebakaran diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

“Tidak ada korban jiwa, namun hampir semua bangunan pada bagian atas habis terbakar,” tandasnya.

Peristiwa kebakaran tersebut menyebabkan arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman dan sekitarnya macet. Selain kendaraan petugas pemadam kebakaran, warga juga memadati badan jalan dan melambat saat melintas di sekitar lokasi kebakaran. (Adi LC)

Comment

News Feed