Gubernur Kalbar: KKN Kebangsaan Bantu Selesaikan Masalah Bangsa

KalbarOnline, Pontianak – Ucapan selamat datang disampaikan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, kepada peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan ke XI Tahun 2023, Rabu (19/07/2023) malam.

Bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, mantan dosen Universitas Tanjungpura itu menghadiri acara Welcome Dinner KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat.

KKN Kebangsaan merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbudristek Dikti RI bekerjasama dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dengan melibatkan semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tanah air.

Tak hanya PTN, beberapa perguruan tinggi swasta yang berminat dan memenuhi kriteria sebagai perguruan tinggi peserta KKN Kebangsaan turut dilibatkan.

Mahasiswa perwakilan dari universitas se-Indonesia yang telah diseleksi sesuai bidang keahlian yang dibutuhkan di lokasi KKN menjadi peserta kegiatan ini. Output yang diharapkan adalah mahasiswa dapat bersinergi dan mengabdi membangun bangsa.

“Selamat datang di Kalimantan Barat. Semoga KKN-nya bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan suatu momentum untuk percepatan pembangunan dan menjaga kesatuan NKRI, serta berbagi pengalaman antar daerah di Indonesia,” ucap Gubernur Sutarmidji.

Disampaikannya, program nawacita Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yaitu membangun dari pinggir atau desa yang melibatkan Kemendikbudristek Dikti RI, Kementerian Desa PDTT RI dan Kementerian Tenaga Kerja RI.

“Mudah-mudahan KKN Kebangsaan ini bisa menjadi momentum untuk kita bersinergi dalam menyelesaikan berbagai masalah bangsa. Saya yakin itu bisa dan pasti ada percepatan,” harap alumni Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura ini.

Baca Juga :  Bentuk Tim Percepatan Sertifikasi Tanah di Pontianak Timur

Tak hanya itu, kehadiran perguruan tinggi sangat dibutuhkan oleh setiap daerah. Menurutnya, daerah bisa maju jika berkolaborasi dengan perguruan tinggi.

“Ini karena pemahaman tentang tata kelola pemerintahan, pembuat perencanaan pembangunan dan kebutuhan, yang sangat baik. Perguruan tinggi punya semua itu, dari mahasiswa sampai guru besar. Kebanggaan seorang dosen adalah ketika dirinya bisa menghasilkan suatu karya yang bisa bermanfaat dan dimanfaatkan untuk seterusnya,” jelas Sutarmidji.

Sementara itu, Rektor Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko menyampaikan, tema KKN Kebangsaan yang diangkat pada tahun ini yaitu “Meneguhkan Nilai-nilai Kebangsaan untuk Menjaga Keutuhan NKRI di Wilayah Perbatasan Negara di Kalimantan Barat”.

“Universitas Tanjungpura terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan KKN Kebangsaan XI tahun 2023 dan hingga malam hari ini berkumpul 951 mahasiswa yang datang dari 74 perguruan tinggi di berbagai penjuru negeri. Semoga Kalimantan Barat memberikan kesan yang mendalam bagi bapak ibu, peserta KKN Kebangsaan XI tahun 2023,” harap Garuda Wiko.

Kegiatan KKN Kebangsaan XI ini terasa lebih spesial dengan bergabungnya perwakilan mahasiswa dari negara tetangga, Malaysia, yaitu mahasiswa dari kampus Universiti Malaysia Sarawak (Unimas) sebagai peninjau. Ucapan terima kasih pun dilontarkan pria yang pada bulan Februari lalu terpilih kedua kalinya sebagai Rektor Untan.

Baca Juga :  Wagub Norsan: 80 Aksi Perubahan Siap Diimplementasikan

Lebih lanjut, Garuda Wiko juga menyampaikan, kalau KKN Kebangsaan XI akan melaksanakan beberapa program khusus, diantaranya:

  1. Pengembangan Desa Wisata (terumbu karang) di Kabupaten Bengkayang (Desa Lemukutan), bermitra dengan PT PLN (Persero) dan TNI AL.
  2. Pengembangan Desa Wisata (restorasi mangrove) di Kabupaten Bengkayang (Desa Karimunting dan Desa Sungai Raya), bermitra dengan Pelindo II.
  3. Pengembangan Desa Wisata (restorasi mangrove) di Kabupaten Sambas (Desa Sebubus), bermitra dengan Balai BWSK I Kementerian PUPR RI.
  4. Air bersih dan Sanitasi Lingkungan di Kabupaten Sambas (Desa Liku), bermitra dengan Balai PPW Kementerian PUPR RI dan TNI AU.
  5. Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Sambas (Desa Sebunga dan Desa Lela) dan di Kabupaten Bengkayang (Desa Kumba, Desa Magmagan dan Desa Sungai Raya), bermitra dengan Perwakilan BKKBN Prov. Kalbar.
  6. Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana), bermitra dengan BPBD Kabupaten.

PTN yang berdiri 64 tahun yang lalu dan terakreditas A ini memiliki 9 Fakultas dengan 99 program studi dengan jumlah total mahasiswa adalah 37.571 mahasiswa dan jumlah lulusan berjumlah 100.342 yang tersebar di berbagai wilayah, baik di dalam maupun luar negeri.

“Kami turut berbangga, mengingat Ketua Umum Ikatan Alumni Untan saat ini adalah Bapak Haji Sutarmidji, SH M Hum yang menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Barat,” tutup Rektor Untan. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment