Pimpin Apel Gabungan ASN, Ini Arahan Sekda Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo memimpin Apel Gabungan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang, pada Senin (17/07/2023), di halaman Kantor Bupati Ketapang.

Dalam amanatnya, Alexander menyampaikan beberapa hal, pertama mengapresiasi dan memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Pemkab Ketapang, Heronimus Tanam atas pengabdian beliau sebagai ASN hingga purna tugas.

“Pak Tanam adalah sosok figur ASN  yang yang memiliki dedikasi, loyalitas dan integritas, beliau selalu menunjukkan kinerja yang baik, dedikasi yang tinggi. Patutnya kita menjadikan beliau contoh dan teladan untuk ASN yang lain,” ucap Alexander.

Kemudian, Alexander menyampaikan apresiasi kepada seluruh OPD yang dengan serius berpartisipasi dalam penilaian kebersihan, keindahan dan kerapian kantor dilingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang. Karena kebersihan itu adalah cermin pribadi dan cermin jati diri dalam melayani masyarakat.

“Saya minta kepada Kepala BPKAD, Kepala Bappeda dan tim anggaran untuk memberikan perhatian kepada OPD-OPD yang tadi mendapat predikat ranking 1 sampai 3, supaya dialokasikan anggaran sebagai bentuk reward terhadap OPD-OPD tersebut,” ucapnya.

Baca Juga :  Harisson Minta Masyarakat Lebih Waspada di Musim Hujan, BPBD: Perkuat Rantai Koordinasi Hingga ke Level Bawah

Selain itu, Alexander juga menyampaikan terkait rencana agenda akbar “Napak Tilas” yang nanti akan dirangkaikan dengan festival budaya Tanah Kayong, agar seluruh jajaran pemerintah daerah mendukung sepenuhnya agenda “Napak Tilas” ini.

“Saya Harap kita semua seluruh jajaran pemerintah daerah mendukung sepenuhnya agenda ‘Napak Tilas’ karena nilai-nilai yang ingin kita angkat di dalam agenda ini adalah nilai perjuangan, selain itu agenda ini akan menimbulkan multiplier effect pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, monumen maupun tugu,  yang mana ini akan berdampak positif terhadap kemajuan Kabupaten Ketapang,” terang Alexander.

Dirinya meminta kepada OPD, camat dan lurah untuk selalu responsif terhadap persoalan-persoalan yang ada di masyarakat khususnya masalah Infrastruktur, kemudian untuk UMKM Corner.

“Saya meminta agar setiap OPD membangun dan menyiapkan stand khusus UMKM. Saya juga ingin pemerintah menjadi pelopor untuk mendukung UMKM di Kabupaten Ketapang,” pintanya.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Serahkan Hasil Penilaian Sakip dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2021

Terakhir, Sekda mengingatkan untuk penyerapan APBD 2023 khususnya OPD-OPD yang menerima DAK, untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan, karena ini sudah menjadi tanggung jawab OPD teknis, ketika sudah dialokasikan menjadi DPA sudah menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna anggaran dan jajaran pelaksana pengguna anggaran.

Sebelumnya, dalam apel gabungan ini, Alexander menyerahkan penghargaan kepada Klinik PT Harapan Sawit Lestari atas pencapaian sebagai juara 3 dalam lomba Pelayanan KB Terbaik di Klinik Swasta Tahun 2023 Regional II (Luar Jawa-Bali) dan penghargaan kepada OPD, Bagian serta Kelurahan yang mendapat predikat baik dalam penilaian kebersihan, keindahan dan kerapian kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang.

Selain itu, mewakili pemerintah daerah Kabupaten Ketapang, Alexander juga memberikan piagam penghargaan kepada Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Heronimus Tanam yang dalam waktu 2 pekan lagi akan masuk masa purna tugas. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment