Wagub Kalbar Apresiasi Expo Engineering 2023: Tingkatkan Kualitas SDM Kalbar

KalbarOnline, Pontianak –  Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan mengapresiasi gelaran Expo Engineering 2023 yang berlangsung di Pontianak Convention Center (PCC), Selasa (11/07/2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menghadapi era industri 5.0 yang menjadi media bagi pelaku industri, para insinyur dan para pelajar untuk bertukar informasi mengenai keteknikan melalui pameran peralatan termutakhir dalam dunia kerja.

“Meskipun sebagian besar perusahaan yang hadir pada pameran bergerak di bidang infrastruktur, mahasiswa dengan latar belakang akademik lainnya diharapkan tetap mampu memperoleh wawasan baru dari pameran ini,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dengan digelarnya pameran ini, Wagub Norsan berharap dapat mendukung Quality Performance Index (QPI) di perguruan tinggi,guna menghasilkan para lulusan insinyur andal.

Baca Juga :  BPPT Siagakan Kapal Baruna Jaya IV untuk Temukan CVR Black Box SJ 182

“Menghasilkan lulusan yang mengerti dunia di luar perkuliahan serta dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dari berbagai informasi yang bermanfaat,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Forum Insinyur Muda (FIM) dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Haudhi Hamdayuza mengutarakan, Expo Engineering 2023 di Kalbar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sarjana teknik dan akreditas program sarjana teknik serta meningkatkan pasca sarjana teknik menjadi insinyur untuk mendukung upaya peningkatan kuantitas dan kualitas profesi insinyur melalui sertifikasi.

“Serta mendukung registrasi para insinyur dalam rangka melaksanakan praktik keinsinyuran serta secara internasional mengembangkan mutual recognition insinyur Indonesia,” ujarnya.

Haudhi juga menjelaskan, bahwa organisasi FIM-PII adalah sebagai wadah yang menghimpun lulusan teknik yang berumur kurang dari 35 tahun.

Baca Juga :  Hadir di KuKar, Program Pelita Pendidikan Didukung Penuh Bupati

“FIM-PII memiliki peran strategis dalam memacu kemajuan dan pengembangan insinyur muda di Indonesia dan kemampuan merencanakan atau melaksanakan program kerja serta kemampuan mobilisasi insinyur muda Indonesia yang nanti mendorong berdirinya FIM-PII di tingkatan wilayah dan cabang di seluruh indonesia,” ujarnya.

Expo Engineering 2023 ini juga menghadirkan berbagai pameran dan stand dari berbagai pelaku industri, insinyur dan pelaku teknologi rekayasa industri di bidang keteknikan yang ada di Kalbar.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Pontianak, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Barat dan perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta berbagai unsur lainnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment