Bunda PAUD Pontianak Tinjau Pelaksanaan PPDB Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

KalbarOnline, Pontianak – Bunda PAUD Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie meninjau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 24, Komplek Untan, Jalan Daya Nasional, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kamis (06/07/2023).

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Sri Sujiarti, dia ingin memastikan program transisi PAUD ke SD dengan menyenangkan melalui PPDB tahun 2023 telah berjalan dengan baik dan lancar–sebagaimana yang telah dicanangkan.

“Kami ingin melihat langsung proses penerimaan mulai dari pendaftaran, penginputan hingga verifikasi data. Hingga hari ini yang sudah mendaftar di SDN 24 berjumlah 30 anak didik dari 56 kuota yang disiapkan,” ujar Yanieta.

Baca Juga :  Bimsalabim, Proyek Untan Miliaran Rupiah Dipecah-pecah: Jadilah Paket PL

Selain itu, kunjungan ke sekolah tersebut dimaksudkan untuk melihat implementasi dari Merdeka Belajar Episode ke-24, Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Di mana kebijakan tersebut digulirkan oleh Kemendikbud guna mengakhiri miskonsepsi tentang baca, tulis, hitung (calistung) pada PAUD dan SD/MI/sederajat kelas awal (kelas 1 dan 2) yang masih sangat melekat di masyarakat.

“Mulai tahun ini di Kota Pontianak, anak-anak PAUD yang mendaftar ke SD sudah tidak lagi dibebani dengan tes calistung sebagai syarat masuk SD,” terangnya.

Yanieta menekankan, bahwa yang terpenting adalah bagaimana memperkuat mental anak sehingga ketika memasuki lingkungan yang baru bisa beradaptasi dan bersosialisasi dengan baik.

Baca Juga :  Dekranasda Kota Pontianak Jadi Stand Terbaik Satu di Pontianak Expo 2023

“Berikan kesempatan anak secara alamiah masuk SD dengan perasaan yang senang dan bahagia, setidaknya secara psikologis dan emosional mereka sudah siap untuk berkomunikasi dengan guru dan teman-teman barunya,” sebutnya.

Selain itu, dari hasil kunjungannya di beberapa SDN di Kota Pontianak, Yanieta menilai proses PPDB telah berjalan dengan baik. Pemahaman para guru PAUD dan SD mengenai Program Transisi PAUD Ke SD yang menyenangkan juga sudah diimplementasikan mulai PPDB ini.

Alhamdulillah semua proses sudah berjalan dengan baik sesuai dengan mekanisme yang ada,” pungkasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment