Antisipasi Cuaca Ekstrem, PLN Bersihkan Jaringan Transmisi dari Ancaman Pohon

KalbarOnline, Pontianak – Untuk mengantisipasi gangguan jaringan listrik saat cuaca ekstrem di Kalimantan Barat, PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan gencar melakukan pembersihan jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dari potensi pohon.

General Manager PLN UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro menjelaskan sepanjang tahun 2023 pihaknya telah melakukan pembersihan terhadap 2.496 pohon yang berada di dekat penghantar SUTT dan SUTET.

Baca Juga :  Masyarakat Kalbar Desak Realisasi PLBN Sungai Kelik Sintang

“Pohon menjadi salah satu ancaman penyaluran tenaga listrik di Kalbar selain layang-layang. Untuk itu, kami gencar melakukan pembersihan ruang bebas atau Right of Way jaringan transmisi,” ungkap Salam.

Salam menambahkan sesuai peraturan Menteri ESDM, jarak terdekat pohon ke konduktor SUTT 150 kV adalah 5 meter.

“Sedangkan jarak ruang bebas untuk SUTET 275 kV dan 500 kV adalah 7 meter,” imbuh Salam.

Baca Juga :  Pleno Rekapitulasi, Ini Penuturan Ketua KPU Pontianak

Untuk meningkatkan keandalan dan menghindari gangguan jaringan, Salam mengajak seluruh pihak untuk turut berperan dalam meminimalisir potensi-potensi penyebab gangguan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menanam, menebang pohon serta membangun bangunan ataupun baliho di sekitar jaringan transmisi,” imbau Salam. (UIP3B Kalimantan For KalbarOnline.com)

Comment