Pemkot Pontianak Raih 2 Penghargaan Kotaku Award 2023

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, dengan meraih 2 buah penghargaan sekaligus pada ajang Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Award 2023.

Penghargaan itu diantaranya untuk Kategori Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Terbaik yang diberikan kepada BKM Wahana Pangeran, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara dan Kategori Penanganan Skala Lingkungan Terbaik.

Kedua penghargaan itu diterima oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pontianak, Derry Gunawan di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (21/06/2023).

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai pengakuan atas upaya dan prestasi Kota Pontianak dalam menciptakan kota yang bersih, teratur dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Wagub Kalbar Hadiri Silaturahmi Alumni SMA Negeri 4 Pontianak

“Kita berkomitmen untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap infrastruktur dan pelayanan perkotaan serta mengurangi kawasan kumuh yang ada di Kota Pontianak,” ujarnya.

Menurutnya, penghargaan BKM Terbaik diberikan kepada Pemkot Pontianak sebagai apresiasi atas program-program inovatif yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan. Dengan membentuk dan menggerakkan berbagai BKM di seluruh wilayah kota, yang telah berperan penting dalam memperbaiki kualitas lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita berharap kedepannya program pengurangan dan pencegahan kawasan permukiman kumuh dapat terus bergulir dengan melibatkan seluruh stakeholder dan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya lagi, penghargaan Penanganan Skala Lingkungan Terbaik diberikan sebagai pengakuan atas upaya yang luar biasa dalam penanganan masalah lingkungan, khususnya dalam mengatasi kawasan-kawasan kumuh di Kota Pontianak.

Baca Juga :  Tebar Kebaikan di Bulan Ramadhan, Windy Bagi-bagi Takjil ke Pengendara di Bundaran Digulis Untan

“Melalui program Kotaku, bersama-sama kita melakukan rehabilitasi dan peremajaan kawasan kumuh, termasuk perbaikan infrastruktur dasar, pengelolaan air limbah dan peningkatan aksesibilitas,” imbuhnya.

Edi menyebut, penghargaan ini tidak hanya menjadi prestasi bagi Pemkot Pontianak, tetapi juga merupakan hasil kolaborasi yang erat antara pemerintah, masyarakat dan berbagai pihak terkait.

Atas nama Pemkot Pontianak, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Pontianak yang telah aktif berpartisipasi dalam program-program peningkatan kualitas lingkungan dan penanggulangan kawasan kumuh.

“Tanpa dukungan dan kerjasama semua pihak, prestasi ini tidak akan tercapai,” tutupnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment