Danrem 121 Kunjungi Desa Paling Pelosok di Kalbar

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Pribadi Jatmiko S dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Desa Selangkai, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, pada Selasa, (20/06/2023).

Desa Selangkai ini merupakan desa yang tergolong paling pelosok di Provinsi Kalbar. Akses jalan menuju ke sana baru dibuka beberapa hari lalu oleh Kodim 1206/Psb melalui kegiatan karya bakti TNI.

Dalam kunjungan kerjanya itu, Danrem Pribadi turut didampingi didampingi Kasiops Kasrem 121/Abw, Kolonel Inf Fransisco, Dandim 1206/Psb, Letkol Inf Sri Widodo, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan sejumlah kepala OPD.

Danrem pada kesempatan itu mengatakan, bahwa dirinya merasa bersyukur bisa diajak bapak Bupati Kapuas Hulu dan Dandim 1206/Psb untuk berjalan-jalan ke daerah yang jauh dari perkotaan atau terisolir.

“Ini sungguh luar biasa, saya bisa berkunjung dan bisa melihat secara langsung kondisi (Desa Selangkai) saat ini,” ungkapnya.

Ia juga memuji karya bakti yang dilakukan antara TNI dan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, sehingga akses jalan menuju Desa Selangkai bisa terbuka saat ini.

Baca Juga :  Danrem 121/Abw Pimpin Apel Pemberangkatan Napak Tilas di Ketapang

“Memang tugas TNI selalu membantu mengatasi kesulitan masyarakat termasuk membangun wilayah desa ini melalui Kodim 1206/Psb, yaitu membangun infrastruktur yang belum terjangkau oleh pemerintah daerah, nah melalui kegiatan karya bakti inilah sedikit demi sedikit bisa terealisasi pembangunan infrastruktur atau minimal bisa membuka akses jalan yang selama ini belum bisa dilewati, ini semua berkat kerjasama yang baik antara TNI  dan Pemda Kabupaten Kapuas Hulu,” terang Pribadi.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Danrem 121/Abw ke Kabupaten Kapuas Hulu. Dirinya juga berterima kasih atas peran TNI dalam membantu pembangunan di Bumi Uncak Kapuas itu.

“Setelah kegiatan karya bakti, mulai dari Sepang Pandan, Riam dan Selangkai, kita tinjauan sama-sama, ternyata hasilnya luar biasa. Saya berterima kasih kepada pihak TNI yang telah bekerja sama untuk membangun wilayah desa ini. Mengingat anggaran pemerintah daerah terbatas, tetapi kami selalu berupaya membangun dengan berbagai cara diantaranya bekerja sama dengan pihak TNI melalui kegiatan karya bakti,” kata bupati.

Baca Juga :  Ruas Jalan Nasional di Desa Sayut Putussibau Selatan Longsor

Sementara itu, Kades Selangkai, Ahun mengatakan, kalau desanya memiliki jumlah penduduk sekitar 118 KK atau sekitar 400 jiwa, dengan mata pencaharian utama berladang.

“Saya ucapkan terima kasih banyak atas kedatangan Bapak Danrem 121/Abw, Bupati Kapuas Hulu, Dandim 1206/Psb beserta rombongan atas kunjungannya, dan saya juga sangat berterima kasih terutama Pemda Kabupaten Kapuas Hulu dan pihak TNI, di mana desa kami telah dibuka akses jalannya,” ungkap Ahun.

Ahun menjelaskan, bahwa sebelumnya, warga di desanya tidak bisa langsung pergi ke kota, lantaran tidak adanya akses jalan. Kalaupun mau ke kota, maka warga harus memutar jalan terlebih dahulu melalui Desa Riam Tapang.

“Sehingga harus mutar, nah bersyukur berkat kegiatan karya bakti dari Kodim 1206/Psb telah membuka akses jalan, sehingga warga kami sudah dekat untuk menuju kota untuk memenuhi kebutuhan pokoknya,” tutur Ahun.

Kegiatan kunjungan kerja tersebut diakhiri dengan pemberian bantuan paket sembako, paket vitamin dan bendera merah putih. (Ishaq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment