Gempa Bumi Magnitudo 4,0 Guncang Bengkayang

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Provinsi Kalimantan Barat, Daniel membenarkan adanya gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4.0 yang mengguncang wilayah Kabupaten Landak dan Kabupaten Bengkayang, pada Kamis, (15/06/2023) pukul 17:24:25 WIB.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki kekuatan magnitudo 4.0,” ungkap Daniel, Kamis (15/06/2023).

“Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Bengkayang dari laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Landak dan Bengkayang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah,” sambungnya.

Baca Juga :  Karhutla Mulai Muncul di Ketapang, 1,84 Hektar Lahan di Sungai Besar Hangus Terbakar

Hingga kini, menurut Daniel, belum ada masyarakat yang terdampak. Dia menyebutkan, kalau gempa yang terjadi merupakan gempa dengan kategori dangkal.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” ujar Daniel.

“Saat ini, BMKG Supadio Pontianak masih melakukan analisa terkait penyebab dan akibat dari gempa tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut Daniel menjelaskan, BPBD Bengkayang melalui Tim Reaksi Cepat sudah memberikan peringatan dini kepada warga di Bengkayang dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia meminta, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Baca Juga :  Bupati Sis Sebut Program TORA Permudah Pemda Selesaikan Persoalan Masyarakat

“BPBD Kalbar juga tetap melakukan koordinasi secara intens agar BPBD Bengkayang melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar tetap siaga,” tegasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment