Gubernur Puji Kiprah dan Sinergitas PSMTI di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kalbar periode 2020 – 2024 di Pendopo Gubernur Kalbar, Minggu (07/05/2023).

Adapun pelantikan dan pengukuhan pengurus PSMTI Kalbar tersebut dilakukan Ketua Umum PSMTI yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum Koordinator Wilayah Kalimantan Hiandrasyah The.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sutarmidji menyampaikan apresiasi terhadap keberadaan PSMTI di Kalbar selama ini. Meski pelantikan pengurus periode 2020 – 2024 dilaksanakan terlambat karena pandemi Covid-19, tapi menurutnya yang namanya organisasi, tetap harus dikukuhkan.

“Supaya periodisasi ke depan itu bisa berlanjut dengan baik. Saya ucapkan terima kasih atas kiprah PSMTI selama ini di Kalbar, saya merasakan, sinergitasnya (dengan pemerintah) sangat baik,” ungkapnya.

Sutarmidji mencontohkan, beberapa kali kegiatan sosial yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, selalunya didukung oleh PSMTI. Seperti di masa pandemi, dengan melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Lalu kegiatan sosial membantu masyarakat terdampak banjir di beberapa daerah se-Kalbar dan lain sebagainya.

“Bantuan-bantuan yang diberikan sangat besar, sehingga malah kita yang repot mengirimnya. Tapi kita tetap lakukan, dan memang itu dibutuhkan oleh masyarakat. Ada beberapa bantuan dari PSMTI ini untuk banjir, tapi karena sudah ditangani dengan baik, bantuan itu kita salurkan ke mereka yang membutuhkan, sehingga memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” paparnya.

Ke depan, gubernur berharap perlu dipikirkan juga sinergitas dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalbar. SDM lanjut dia, perlu dibangun, karena daerah ini tidak boleh hanya bergantung pada Sumber Daya Alam (SDA) yang ada. Karena SDA, kata dia, bisa habis dan jangan sampai ketika itu terjadi, sementara SDM yang ada kondisinya masih pas-pasan.

Baca Juga :  Penjelasan Polda Kalbar Soal Demo Mahasiswa yang Sempat Ricuh

“SDA itu tidak akan bertahan lama, pasti akan berakhir, tapi kalau kita punya SDM (baik), maka dia (SDM) bisa menciptakan pengganti SDA itu sendiri,” ujarnya.

Untuk itu, gubernur mendorong selain berkiprah di bidang sosial, PSMTI juga bisa membantu program-program pemerintah di bidang lainnya. Seperti diantaranya pengendalian inflasi lewat para pengusaha yang tergabung di dalam PSMTI.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas sumbangsih PSMTI selama ini, dan mari kita terus bersinergi untuk membangun Kalbar. Jangan melihat perbedaan tapi bagaimana bisa mempersatukan semuanya, untuk (kemajuan) Kalbar,” pungkasnya.

Bak gayung bersambut, Wakil Ketua Umum PSMTI Koordinator Wilayah Kalimantan Hiandrasyah The juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sutarmidji dan jajaran Pemprov Kalbar atas dukungan terhadap PSMTI di Kalbar. Ia pun menitipkan PSMTI, agar dapat terus berkolaborasi dengan Pemprov Kalbar di masa-masa yang akan datang.

“Selamat kepada Ketua PSMTI Kalbar saudara Yo Nguan Cua yang telah dilantik. Kami doakan sehat selalu dalam menjalankan kegiatan sosial bagi masyarakat Kota Pontianak dan Kalbar,” pesannya.

Baca Juga :  Kanwil KemenkumHAM Fasilitasi Rapat Audensi Ponidi dan Polres Mempawah

Di tempat yang sama, Ketua PSMTI Kalbar, Yo Nguan Cua mengungkapkan komitmennya bersama seluruh jajaran pengurus untuk terus melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat. Yakni dengan cara bersama-sama bergandengan tangan, di antara semua pengurus PSMTI, baik di tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota.

“Antara lain (PSMTI) Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Bengkayang, Sambas, Kapuas Hulu, Melawi dan Sekadau,” katanya.

Yo Nguan Cua mengatakan, sejak tahun 2021 hingga hari ini, PSMTI Kalbar beserta jajaran telah cukup banyak melaksanakan kegiatan sosial kepada masyarakat. Seperti di antaranya telah menyalurkan sekitar 35 ton beras untuk korban bencana banjir di Kabupaten Sintang hingga daerah terpencil. Lalu juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Pontianak dalam memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi selama pandemi Covid-19.

“Sehingga akhirnya PSMTI Kalbar dianugerahi penghargaan kategori centra vaksinasi Covid-19 untuk wilayah provinsi Kalbar,” ucapnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran PSMTI Kalbar yang telah bersama-sama memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat. Selain itu, ia menyebutkan cukup banyak kegiatan sosial lainnya yang telah dilakukan PSMTI, dan tentu tidak bisa disebutkan satu per satu.

“Semua ini bisa dilakukan berkat donasi dari pada donatur, kedepannya kami masih mengharapkan dukungan dari bapak ibu (donatur) sekalian. Mari kita bergandengan tangan untuk bermitra dengan pemerintah di Kalbar, beserta instansi swasta untuk melayani masyarakat dalam berperan serta membangun (daerah),” tutupnya. (Jau)

Comment