Arus Balik di Pelabuhan Teluk Batang Membludak, Penumpang Kehabisan Tiket

KalbarOnline, KKU – Menjelang arus balik lebaran, ribuan penumpang memadati Pelabuhan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, Minggu (30/04/2022) sore.

Diketahui, para pengendara sepeda motor diperkirakan 1000 unit yang akan bertolak menuju pelabuhan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat dengan menggunakan Kapal Motor (KM).

Untuk mendapatkan tiket, penumpang dari Kabupaten Kayong Utara maupun Kabupaten Ketapang rela mengantre hingga berjam-jam, bahkan sampai kehabisan tiket.

Salah satu penumpang, Yogi mengatakan, pelayanan di Pelabuhan Teluk Batang dinilai belum siap. Sehingga membuat dirinya dan penumpang lainnya antre hingga berjam-jam. Sehingga memungkinkan dirinya tidak kebagian tiket.

Baca Juga :  Peringati HUT Lalu Lintas ke-62, Satlantas Polres KKU Gelar Nobar Film G30S/PKI

“Saye dari jam 2 siang, sampai sore ini belum dapat tiket. Kecewa dengan pelayanan ini, kurang disiplin,” ujar Yogi.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Teluk Batang, Dahlan mengatakan, lonjakan penumpang terlihat sejak sore hari, dan ini sering terjadi setiap tahun pada saat mudik lebaran maupun arus balik lebaran.

“Meledak sekitar jam 3 sore. Karena pagi masih normal (penumpang, red), dan sekarang yang terangkut penumpangnya ada sekitar 930 orang,” ucap Dahlan.

Baca Juga :  Susun RPJPD 2025 - 2045, Pj Bupati Romi: Perkuat Kerja Sama Lintas Sektor

Untuk itu, tambah Dahlan, bagi penumpang yang tidak kebagian tiket akan diupayakan kembali dengan armada lainnya, milik swasta yang baru saja tiba dari Rasau Jaya di Pelabuhan Teluk Batang ini.

“Kalau yang tidak terangkut (penumpang, red) kita koordinasi dengan armada yang datang kita usahakan kembali lagi. Karena kita dari pemerintah tidak ada armada, paling adanya kapal swasta. Tiap tahun bisa seperti itu, yang penting memenuhi target,” pungkasnya. (Santo)

Comment