Jelang Arus Mudik Lebaran, Pemprov Kalbar Kebut Penanganan Ruas Jalan dan Jembatan di Sejumlah Daerah

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mempercepat penanganan beberapa ruas jalan provinsi di sejumlah daerah, terutama jalan yang rusak parah agar segera dapat difungsionalkan. Hal itu demi mendukung kelancaran arus mudik masyarakat jelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah tahun ini.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalbar, Iskandar Zulkarnaen kepada awak media, Senin (17/04/2023). Ia menambahkan, kalau sejak awal pihaknya telah meminta agar para kontraktor yang telah menandatangani kontrak dapat mengebut ruas-ruas jalan yang rusak parah dulu agar minimal bisa dilewati saat mudik nanti.

“Sejak awal Ramadhan upaya-upaya telah dilakukan Dinas PUPR provinsi dalam mempersiapkan kelancaran arus mudik di jalur jalan provinsi,” katanya.

Baca Juga :  Eksebisi Meriam Karbit Siap Digelar Malam Lebaran, Dipusatkan di Gang Bansir III

“Jadi (kontraktor diminta) untuk segera menangani jalan-jalan kondisi rusak berat secara fungsional dulu, sambil menunggu penyelesaian penanganan efektifnya,” tambahnya.

Minta Kontraktor Sterilkan Alat Berat dari Badan Jalan

Peningkatan jalan Sukadana - Teluk Batang di Kabupaten Kayong Utara. (Foto: Jauhari)
Peningkatan jalan Sukadana – Teluk Batang di Kabupaten Kayong Utara. (Foto: Jauhari)

Selain penanganan jalan yang mesti dikebut, PUPR Provinsi Kalbar juga berupaya untuk menggenjot sejumlah perbaikan pada jembatan yang dalam kondisi rusak berat.

“Hal itu guna memperlancar arus mudik, dan menghindari terjadinya kecelakaan. Karena dapat merugikan masyarakat,” terangnya.

Masih terkait kelancaran arus lalu lintas masyarakat saat mudik, Iskandar Zulkarnaen menegaskan, agar para kontraktor dapat menghentikan sementara pekerjaannya pada H-1 lebaran dan meminta untuk memarkirkan kendaraan alat beratnya di lokasi aman, jangan di pinggir jalan.

Baca Juga :  Lepas CJH Kloter 33, Gubernur Sutarmidji Minta Jemaah Tak Bawa Pulang Lagi Air Zam-zam
Peningkatan ruas jalan Tumbang Titi - Tanjung di Kabupaten Ketapang. (Foto: Jauhari)
Peningkatan ruas jalan Tumbang Titi – Tanjung di Kabupaten Ketapang. (Foto: Jauhari)

“Kami minta (pelaksana) mencari lokasi yang aman untuk alat berat tersebut. Kami meminta pelaksana H-1 libur nasional (Idul Fitri) lokasi pekerjaan tidak ada penumpukan material dan (ada yang) parkir alat berat di badan jalan,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar Sutarmidji turut mengimbau kepada masyarakat yang ingin melaksanakan mudik lebaran agar berhati-hati. Karena memasuki sepakan menjelang Idulfitri, diperkirakan arus mudik ke sejumlah daerah akan mulai ramai.

“Bagi yang sedang, dan akan mudik saya imbau untuk hati-hati, gunakan transportasi yang aman dan nyaman,” pesannya. (Jau)

Comment