Wagub Kalbar Minta Para Sekda Untuk Bersinergi Satu dengan Lainnya

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Ria Norsan menghadiri malam ramah tamah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Seluruh Provinsi Kalimantan Barat, di Gedung Pancasila, Kabupaten Ketapang, pada Senin (13/03/2023).

Wagub Kalbar mengapresiasi atas digelarnya Forsesdasi di daerah yang dikenal sebagai Kota Ale-ale ini. Dirinya berharap forum ini bisa menghasilkan kesepakatan bersama guna memajukan Provinsi Kalbar ke arah yang lebih baik.

“Atas nama Pemerintah Provinsi, saya mengucapkan selamat dengan digelarnya Forsesdasi dan bisa mencapai hasil yang baik serta  memajukan Provinsi Kalbar,” ungkap Wagub Kalbar.

Tak hanya itu saja, dirinya berpesan kepada seluruh sekda se-Kalbar untuk selalu bersinergi antara satu kabupaten dengan kabupaten lainnya. Sebab dengan situasi dan kondisi saat ini memiliki perubahan yang cukup tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.

“Saya berpesan kepada seluruh Sekda di Provinsi Kalbar bisa sinergi, karena apa, tempat (bertugas) bapak dan ibu memiliki perbedaan dan tidak sama dalam menjalankan tugas. Dengan adanya Forsesdasi ini bapak dan ibu bisa berdiskusi  guna memajukan daerahnya dan provinsi,” uraiannya.

Baca Juga :  Dukung Duet Sutarmidji – Ria Norsan, Ini Pertimbangan PKS

Lanjutnya, bahwa jabatan sekda ini memiliki peran penting dalam roda pemerintahan dan turut membantu kepala daerah dalam mengambil kebijakan di daerahnya. Maka dari itu, dirinya menilai perlu sinergitas antara Sekda di Kalbar bersama kepala daerahnya.

“Sekda ini sangat penting sekali, karena apa, dapurnya Pemerintah Daerah ini ada ditangan Sekda. Kepala Daerah merupakan pelaksana dari berbagai rumusan kebijakan pemerintah daerah, maka dari itu perlu adanya kekompakan antara sekda dengan bupati/wakil bupati,” ujarnya.

“Apabila maju atau tidaknya suatu pemerintahan itu, bisa dilihat apabila sekda, gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, bisa bersinergi. Insya Allah jika ketiga orang ini bisa sinergi maka majulah daerah tersebut,” tegasnya.

Sekda Ketapang, Alexander Wilyo mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada kepada para hadirin. Ia mengatakan, untuk tahun 2022, kegiatan Forsesdasi ini digelar di Kota Singkawang.

“Selamat datang dan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir pada malam ramah tamah Forsesdasi tahun 2023 di Ketapang,” katanya.

Baca Juga :  Cita Mineral Investindo Bersama PKK Air Upas Gelar Lomba Bazar HUT RI ke-74

Alexander menambahkan, selain agenda malam ramah tamah, Forsesdasi Provinsi Kalbar akan menggelar Rakomwil dengan tema terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Rakomwil digelar besok (Selasa-red) dengan materi Implementasi Rencana Aksi Percepatan Indeks Pembangunan Manusia Kalimantan Barat, kemudian akan dilanjutkan dengan agenda di Dem Area,” ucapnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar kegiatan Forsesdasi 2023 yang digelar di Ketapang ini, dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi Kalimantan Barat, khususnya Kabupaten Ketapang.

Diakhir kegiatan ramah tamah tersebut, dilakukan pertukaran cinderamata dari seluruh sekda se-Kalbar yang hadir pada kegiatan itu.

Kegiatan ramah tamah ini dihadiri seluruh Sekda se-Provinsi Kalbar, Bupati Ketapang, Wakil Bupati Ketapang, seluruh jajaran Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta pihak terkait lainnya. (Jau)

Comment