Solusi Kemacetan di Pontianak, Sutarmidji: Bangun Jembatan Kapuas III

KalbarOnline, Pontianak – Tingginya peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Kota Pontianak, dinilai menjadi salah satu faktor kian parahnya kemacetan di beberapa ruas jalan di Ibukota Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) ini. Sebagai solusi dari kemacetan tersebut, perlu dibangun Jembatan Kapuas III yang menghubungkan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya dengan Wajok, Kabupaten Mempawah.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalbar Sutarmidji ketika menjawab pertanyaan awak media mengenai solusi kemacetan di Kota Pontianak. “Kami (Pemprov Kalbar) sedang upayakan terealisasi Jembatan Kapuas III di arah Kakap ke Wajok,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Kutuk Pernyataan Edy Mulyadi: Mainnya Kurang Jauh

Menurutnya, Pemerintah Kota Pontianak tidak bisa membatasi pertambahan jumlah kendaraan bermotor. Pengetatan pertambahan kendaraan bermotor menurutnya bukan solusi terbaik untuk mengurai kemacetan.

Kemudian pemindahan kegiatan ekonomi, sektor jasa dan perdagangan dari wilayah Kota Pontianak juga dinilai bakal menurunkan nilai kompetitif dari kota tersebut. Apalagi Pontianak selama ini dijuluki sebagai kota jasa dan perdagangan, dan memang mengandalkan pendapatan dari dua sektor tersebut.

Baca Juga :  Berbagi Keberkahan, Kapolres Melawi Buka Bersama Para Staf dan Bhayangkari di Masjid Sirotul Jannah Polres Melawi

“Yang baik dilakukan (untuk kemacetan) adalah mempercepat konektivitas jalan dan gang ke pusat-pusat pertumbuhan,” ujarnya. 

Comment