Ketahui Pentingnya Penerapan HRIS

KalbarOnline, Jakarta – Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat pengelolaan karyawan di perusahaan sudah mulai menggunakan suatu sistem. Hal ini bertujuan untuk efisiensi dan efektifitas pengelolaan karyawan di perusahaan.

Seperti penerapan HRIS atau Human Resource Information System di perusahaan, yang merupakan sebuah sistem yang akan membantu pengelolaan karyawan di perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai HRIS selengkapnya. Simak ulasannya berikut ini ya!

Pengertian HRIS

HRIS adalah sebuah sistem berbasis teknologi yang berguna untuk pengelolaan sumber daya manusia, yang mampu untuk mengotomatisasi, menyimpan, dan memproses pengelolaan informasi karyawan dalam satu sistem terpusat.

Penerapan HRIS bertujuan untuk membantu praktisi HRD di perusahaan dalam meningkatkan performa para karyawan. HRD sudah tidak perlu lagi untuk mengerjakan tugas administrasi yang rumit, yang memakan waktu yang cukup lama.

Dengan begitu, HRD dapat fokus untuk mengerjakan tugas yang lain yang bersifat analitik dan strategi demi perkembangan kualitas SDM di perusahaan.

Pentingnya HRIS di Perusahaan

Implementasi HRIS di perusahaan dapat membantu HRD untuk mengoptimalkan kinerja karyawan, sehingga karyawan bisa mengeluarkan potensi terbaiknya dan ikut serta berkontribusi dalam perkembangan bisnis. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan perusahaan.

Adapun peranan penting HRIS adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Bocoran Hasil Foto Ultra Night Selfie Mode OPPO Reno3

1. Penggajian

Memberikan gaji kepada karyawan setiap bulannya adalah hal yang wajib dipenuhi oleh perusahaan. Untuk itu, penggunaan software HRIS dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan proses penggajian karyawan.

Sistem HRIS mampu untuk menyimpan dan memproses seluruh informasi penggajian karyawan dengan cepat dan akurat. Selain itu, HRIS juga bisa memproses laporan penggajian dan slip gaji secara otomatis.

2. Rekrutmen

Setiap perusahaan, tentunya ingin mendapatkan calon karyawan yang berkualitas. Oleh karena itu, seorang HRD harus melakukan analisis dengan baik agar bisa mengklasifikasi para pelamar sehingga dapat menentukan kandidat mana yang berkualitas.

HRIS akan membantu perusahaan dalam menganalisis keterampilan dan keahlian kandidat, sehingga perusahaan lebih memiliki potensi yang tinggi dalam mendapatkan karyawan yang berkualitas.

Selain itu, HRIS akan menghilangkan proses input data kandidat secara manual dan memudahkan HRD dalam memantau perkembangan kandidat, mulai dari sesi hiring sampai onboarding.

3. Manajemen Performa

Performa karyawan tentunya akan berdampak besar pada kelancaran suatu bisnis. Oleh karena itu, penting bagi HRD untuk memastikan performa karyawan tetap berada dalam perencanaan, sehingga target perusahaan akan tetap terpenuhi.

Oleh sebab itu, HRIS akan membantu tugas HRD dalam mengelola performa karyawan melalui penilaian kinerja, pemberian masukan atau feedback dan pemantauan kinerja karyawan.

Baca Juga :  Mengulas Samsung Galaxy S20 Ultra, Varian Paling Mumpuni S20 Series

4. Manajemen Kompetensi

HRIS akan mengukur secara komprehensif dan objektif, mengenai kompetensi apa saja yang perlu dimiliki dan dikuasai oleh karyawan berdasarkan jabatan, posisi dan unit kerja.

5. Manajemen Waktu Kerja

HRIS akan memudahkan pengelolaan waktu kerja  karyawan, karena pengelolaan tersebut bisa dilakukan secara otomatis. Mulai dari menentukan durasi kerja, menyusun jadwal shift, dan menetapkan tanggal penting dalam kalender khusus internal perusahaan.

6. Suksesi Jabatan

Software HRIS Indonesia pasti memiliki fitur suksesi jabatan, karena hal ini akan memfasilitasi HRD dalam mengadakan suksesi jabatan melalui career path di perusahaan. Hal ini berguna untuk menjalin relasi satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya yang lebih tinggi.

7. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, karyawan adalah komponen yang paling penting dalam kelancaran suatu bisnis. Maka dari itu, seorang HRD wajib mengembangkan segala potensi karyawannya untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Seperti melakukan program pelatihan bagi karyawan.

Oleh sebab itu dengan bantuan HRIS, perusahaan dapat melakukan kegiatan pelatihan karyawan dengan cepat dan tepat. Terlebih lagi HRIS akan membantu memudahkan pembentukan silabus pembelajaran yang berguna bagi program pelatihan.

Demikianlah artikel ini dibuat. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda. Terimakasih telah membaca sampai akhir. (Jau)

Comment