Isu Penculikan Anak, Wali Kota Imbau Warga Cerdas Pilah Informasi

KalbarOnline, Pontianak – Menyikapi maraknya isu penculikan anak di media sosial akhir-akhir ini, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah menyebarluaskan informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Maraknya isu penculikan anak di media sosial yang selama ini menyebar luas itu hanya isu saja, dari informasi kepolisian bahwa informasi yang beredar belum bisa dipastikan kebenarannya,” ujarnya, Jumat (03/02/2023).

Kemudian ia juga mengimbau warga agar tidak mudah menyebarkan informasi-informasi berkaitan dengan isu penculikan anak tanpa mengetahui fakta atau kebenaran informasi yang dibaca atau diterimanya.

Baca Juga :  Edi Harap IPHI Pontianak Bersinergi

Apalagi di era teknologi sekarang, menurut Edi, siapapun bisa dengan mudah membagikan atau mengirim informasi-informasi melalui perangkat teknologi seperti smartphone.

“Sehingga saya minta masyarakat harus cerdas dalam memilah informasi, mana yang benar dan mana yang hoax dan tidak asal share atau membagikan informasi yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan,” imbaunya.

Edi menilai, perlunya literasi digital guna memudahkan setiap orang untuk berselancar di dunia maya. Tak kalah pentingnya, ia mengajak pengguna medsos untuk mampu memilah informasi antara yang positif atau negatif.

Baca Juga :  11 Raperda Disahkan, Edi Kamtono Harap Jadi Landasan Hukum

“Pentingnya literasi digital ini merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat dalam menggunakan medsos supaya tidak salah langkah,” katanya.

Kendati demikian, Edi mengingatkan supaya masyarakat tetap waspada terhadap hal-hal yang mencurigakan dan segera melaporkan kepada pihak berwajib.

“Segera lapor ke kepolisian apabila menemukan kejadian yang mencurigakan,” tutupnya. (Jau)

Comment