Gubernur Sutarmidji Apresiasi Upaya PLN Tingkatkan Rasio Desa Berlistrik di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menerima kunjungan kerja General Manager PLN UID Kalbar, Mochamad Soffin Hadi, di ruang kerjanya, Kamis (19/01/2023).

Dalam kesempatan itu, gubernur mengapresiasi secara langsung upaya yang telah dilakukan oleh PLN selama ini dalam mempercepat pembangunan infrastruktur khususnya pada bidang kelistrikan di seluruh desa yang ada di Kalbar.

Sutarmidji pun menyatakan, bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya upaya PLN dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur kelistrikan, agar masyarakat yang khususnya berada di pedesaan segera dapat menikmati listrik.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mendengarkan paparan dari General Manager PLN UID Kalbar, Mochamad Soffin Hadi. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyimak paparan dari General Manager PLN UID Kalbar, Mochamad Soffin Hadi. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“Saya mengapresiasi keseriusan PLN dalam meningkatkan angka rasio desa berlistrik di Kalbar. Kami siap mendukung. Kemudian, jika ada kendala di lapangan maka PLN jangan sungkan-sungkan untuk berkoordinasi dengan pemda setempat,” sampai Sutarmidji.

Baca Juga :  Kadin Kalbar Bakal Gelar Talkshow yang Hadirkan Menteri Investasi

Sementara itu, General Manager PLN UID Kalbar, Mochamad Soffin Hadi menjabarkan, bahwa perkembangan pelayanan dan inovasi data yang sedang dikembangkan oleh pihaknya saat ini memang untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat di seluruh penjuru Kalbar.

“Pada tahun ini kami mengusulkan anggaran 3 kali lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya, agar dapat mempercepat peningkatan rasio desa berlistrik di Kalbar,” ungkap Soffin.

General Manager PLN UID Kalbar, Mochamad Soffin Hadi memberikan pemaparan mengenai desa berlistrik di depan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
General Manager PLN UID Kalbar, Mochamad Soffin Hadi memberikan pemaparan mengenai desa berlistrik di depan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Namun begitu, dirinya menyebutkan ada beberapa kendala dalam pembangunan infrastruktur kelistrikan di Kalbar, antara lain sebaran rumah warga yang masih sedikit (pemukiman kurang padat) di banyak lokasi desa, sehingga dibutuhkan investasi yang cukup besar untuk melistrikinya. Selain itu, kendala yang dihadapi yakni terkait izin perluasan jaringan listrik yang harus melewati kawasan hutan lindung atau taman wisata alam.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan Petugas Pengawas TPS Kecamatan Menjalin, Ini Pesan Kapolsek

“Tujuan kami hanya satu, pekerjaan pembangunan dan perluasan jaringan listrik dapat terlaksana dengan baik, sehingga masyarakat dapat segera menikmati listrik,” kata dia.

“Untuk itu dibutuhkan partisipasi serta dukungan berbagai pihak agar seluruh proyek pembangunan infrastruktur kelistrikan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pungkas Soffin. (Jau)

Comment