Kejuaraan Sepak Bola U-40 Antar Instansi Pemerintah dan Perusahaan Perkebunan se-Ketapang Resmi Digelar

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang melalui Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra, Edi Radiansyah membuka kejuaraan sepak bola U-40 antar instansi pemerintah dan perusahaan perkebunan se-Kabupaten Ketapang, di Lapangan Sepakbola Tanjungpura Ketapang, Senin (05/12/2022).

Kejuaraan sepak bola ini digelar dalam rangka memperingati Hari Perkebunan Nasional ke-65 yang bertepatan juga dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persikat yang ke-35 tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Ketapang dari tanggal 5 sampai 15 Desember tahun 2022.

Asisten Edi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa program pembangunan dan pengembangan sub sektor perkebunan di Kabupaten Ketapang memiliki andil yang cukup besar dan signifikan bagi pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan.

“Situasi yang kondusif mendorong investasi pelaku usaha sub sektor perkebunan di Kabupaten Ketapang demikian pesat,” ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Ia menyebut, tercatat sebanyak 76 perusahaan perkebunan dan 34 pabrik kelapa sawit berada di Kabupaten Ketapang serta usaha perkebunan yang dilakukan masyarakat. Oleh sebab itu, dikatakannya, bahwa tidaklah berlebih jika Kabupaten Ketapang, perusahaan perkebunan dan seluruh masyarakat larut dalam sukacita memperingati hari perkebunan nasional ke-65 tahun 2022 ini.

“Oleh karena mewakili Pemda Ketapang, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Perkebunan Nasional dan juga ulang tahun ke-35 Tim Sepakbola Persikat, semoga terus menorehkan prestasi gemilang bagi Kabupaten Ketapang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan L Sikat Gudag yang juga ketua panitia pelaksana menyampaikan, bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mempererat silaturahmi dan ikatan persaudaraan perkebunan di Kabupaten Ketapang.

“Sekaligus sebagai media informasi dan motivasi kepada masyarakat luas bahwa dengan kegiatan budidaya perkebunan yang baik dapat menopang dan meningkatkan pendapatan keluarga,” ucapnya.

Selain itu Sikat juga menjelaskan, bahwa kegiatan utama dalam rangka Hari Bakti Perkebunan adalah yang pertama akan diselenggarakan penanaman kelapa sawit dan kelapa dalam serta kopi, kedua akan melakukan panen perdana peremajaan sawit rakyat, ketiga adalah bakti sosial penanaman bambu di sepanjang kanal, pelang yang sekaligus merupakan lokasi agropolitan dan dilalui napak tilas tahun 2023 mendatang.

“Selain kegiatan utama dalam rangka hari bakti perkebunan, kita juga akan menyelenggarakan kegiatan tambahan seperti kegiatan hari ini, kejuaraan sepakbola U-40, selanjutnya akan dilakukan jalan santai dan lomba karaoke mars perkebunan,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment