Sekda Kapuas Hulu Hadiri dan Buka Festival Budaya Adat Dayak Kantuk 

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini membuka secara resmi Festival Seni Budaya dan Adat Istiadat Dayak Kantuk Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2022. Acara tersebut diselenggarakan di Rumah Panjang Danau Buak, Sabtu (03/12/2022).

Dalam sambutannya Sekda Kapuas Hulu menyampaikan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin dan panitia karena telah menerima dan menyambut rombongannya dengan penuh suka cita.

Ia mengharapkan, sesuai tema “Menggali Seni Budaya dan Adat Istiadat Kantuk untuk Kebanggaan Generasi Muda Kantuk”, maka seni budaya dan adat istiadat yang sudah ada sejak nenek moyang dapat digali lagi oleh generasi muda agar tidak punah dan termakan usia.

Ia juga menyampaikan, dalam menyelenggarakan fungsi pemerintahan, pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu tidak bisa bekerja sendiri.

Tarian khas kebudayaan mengiringi prosesi peresmin pembukaan Festival Seni Budaya dan Adat Istiadat Dayak Kantuk Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2022. (Foto: Ishaq)
Tarian khas kebudayaan mengiringi prosesi peresmin pembukaan Festival Seni Budaya dan Adat Istiadat Dayak Kantuk Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2022. (Foto: Ishaq)

“Artinya sudah tentu harus selalu didampingi oleh masyarakat adat yang memiliki tujuan dan cita-cita yang sama, membangun bangsa dalam  keanekaragaman suku, agama, ras dan juga budaya,” katanya.

“Peran tersebut juga diharapkan salah satunya dibangun oleh para generasi muda,” tambah Zaini.

Lebih lanjut ia mengajak kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu agar selalu menjaga kearifan lokal budaya Dayak, adat istiadat dan hukum adat, yang sesuai dengan falsafah hidup warga Dayak.

“Seperti filosofi Rumah Panjang atau Rumah Betang yaitu menjadi warga Dayak yang menjunjung tinggi nilai kejujuran, kesetaraan, kebersamaan dan toleransi serta taat pada hukum negara, hukum adat, dan hukum alam,” katanya.

Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini berfoto bersama di sela-sela membuka secara resmi kegiatan Festival Seni Budaya dan Adat Istiadat Dayak Kantuk Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2022. (Foto: Ishaq)
Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini berfoto bersama di sela-sela membuka secara resmi kegiatan Festival Seni Budaya dan Adat Istiadat Dayak Kantuk Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2022. (Foto: Ishaq)

Kembali, Zaini juga mengharapkan, supaya kegiatan seperti ini tidak hanya berakhir sampai disini saja, namun alangkah lebih baik jika dapat dilaksanakan kembali kedepannya.

“Selain bermanfaat untuk generasi muda berpeluang juga dalam promosi wisata Kabupaten Kapuas Hulu,” sampai Zaini.

BACA JUGA:  Ini Harapan Sekda Kapuas Hulu Saat Hadiri RUPS PT Jamkrida Kalbar

“Kepada peserta festival, saya minta untuk dapat tampil dengan sebaik-baiknya. Dalam arti penuh semangat, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, persahabatan, persaudaraan, keberadaan seni budaya semakin digemari oleh masyarakat luas,” lanjutnya.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, para Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, para pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kapuas Hulu, para camat, Forkopimcam dan para kepala desa.

Hadir pula para tumenggung Kantuk se-Kabupaten Kapuas Hulu, para Ketua Adat Kantuk dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan para pimpinan ormas dan organisasi kepemudaan, ketua dan seluruh panitia Festival Seni Budaya dan Adat Istiadat Kantuk Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2022. (Ishaq)

Comment