Kejurnas Tanjungpura Kubu Raya Shooting Open Championship Resmi Digelar, Diikuti 506 Atlet dari 15 Provinsi

Kalbar Online, Kubu Raya – Kejuaraan menembak nasional (kejurnas) bertajuk Tanjungpura Kubu Raya Shooting Championship resmi dimulai pada Sabtu (3/12/2022) pagi. Turnamen yang memperebutkan Piala KSAD, Piala Pangdam XII Tanjungpura, Piala Perbakin Kalbar serta Piala Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya itu diikuti sebanyak 506 atlet dari 15 provinsi di Indonesia.

Pemencetan tombol sirine bersama oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII Tanjungpura, Brigjen TNI Djauhari, Ketua Perbakin Kalbar, Masyhudi, Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi, Ketua DPRD Kalbar, M Kebing L, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menandai pembukaan turnamen berhadiah total Rp 200 juta tersebut.

Kejuaraan yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari itu digelar di tiga tempat berbeda, yakni di Sport Center Kodam XII Tanjungpura, Lapangan Tembak Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti (Kikav 12/MDC), dan Lapangan Tembak Batalyon Komando 465 Kopasgat.

Kasdam XII Tanjungpura, Brigjen TNI Djauhari dalam wawancaranya dengan awak media seusai seremoni pembukaan menyebut, bahwa kejuaraan yang digelar dalam rangka Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat ini merupakan kolaborasi antara Kodam, Perbakin Kalbar, dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

Kejuaraan bertaraf nasional ini diharapkannya dapat menjadi ajang unjuk kemampuan bagi para petembak, utamanya bagi petembak asal Kalimantan Barat.

“Dalam rangka Hari Juang Kartika, Kodam XII Tanjungpura bersama Perbakin dan Pemkab menyelenggarakan kejuaraan level nasional. Pada event ini, kita mendatangkan dari PB Perbakin dan kejuaraan ini sudah masuk IPSC level satu,” ujarnya di Sport Center Kodam XII Tanjungpura.

“Nah, jadi, sudah luar biasa event ini untuk menguji atlet-atlet kita untuk bisa bersaing dengan atlet di luar Kalbar,” sambung Kasdam Djauhari.

BACA JUGA:  Kejurnas Menembak Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Cup Siap Dihelat

Senada dengan itu, Ketua Perbakin Kalbar, Masyhudi mengharapkan agar para atlet Kalbar yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini mampu menunjukkan kepada publik bahwa petembak lokal juga mampu bersaing dengan petembak dari daerah lain.

Masyhudi juga menaruh harapan agar para atlet yang berpartisipasi pada kejuaraan ini mampu menciptakan rekor-rekor baru dalam dunia menembak.

“Turnamen ini luar biasa sekali, ya. Ada piala KSAD, Perbakin, Pangdam, Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya. Suatu event yang luar biasa ini tujuannya adalah untuk menjaring shooter-shooter berbakat dan berprestasi,” katanya.

Dengan turnamen ini, pihaknya di Perbakin juga berharap supaya shooter-shooter Kalbar bisa melebihi rekor yang lalu-lalu, baik rekornya pribadi, maupun yang secara umum.

“Akan tetapi yang paling penting, karena ini banyak duta dari daerah-daerah luar, kejuaraan semacam ini menjadi momentum bagi atlet untuk memupuk tali silaturahmi,” ungkap Masyhudi yang juga Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat tersebut.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengaku takjub dengan tingginya animo peserta dalam mengikuti kejuaraan ini. Ia pun turut mengapresiasi Kodam XII Tanjungpura dan Perbakin Kalbar atas kerja samanya dalam menyelenggarakan turnamen tersebut.

“Kita bahagia dan mengapresiasi Kodam dan Perbakin karena kejuaraan menembak Bupati dan Wakil Bupati Cup bisa disatukan dengan kejuaraan ini. Pesertanya juga sangat luar biasa dari 15 provinsi,” ujarnya.

“Levelnya sudah meningkat sehingga mudah-mudahan jadi persiapan bagi atlet kita supaya lebih progresif lagi ke depan,” pungkasnya. (Jau)

Comment