Sejumlah Kegiatan Semarakkan HORI ke-76 di Kalbar, Mulai dari Hiburan Hingga Bazar Murah

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Oeang RI (HORI) yang ke-76 tahun 2022, Kemenkeu Satu Kalbar menggelar serangkaian acara. Mulai dari pertandingan tenis meja, bulu tangkis, futsal, esport, donor darah, bakti sosial, hingga kompetisi seni, lomba karaoke, stand up comedy dan fotografi.

Sementara pada puncaknya, HORI ke-76 di lingkup Kemenkeu Kalbar dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Kalbar dengan menggelar bazar murah untuk masyarakat, Sabtu (22/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Kemenkeu Satu Kalbar berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Kalbar, dan Bank BSI serta Lembaga Keuangan Bukan Bank, seperti PT Pegadaian, PT Permodalan Nasional Madani, KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera dan BMT UGT Nusantara.

Turut hadir dalam acara yaitu Gubernur Kalbar, Wakil Gubernur Kalbar, Wali Kota Pontianak, jajaran Perwakilan Kemenkeu Kalbar, Pimpinan OJK, BI, perbankan dan LKBB, para pimpinan instansi terkait, dan masyarakat umum Kota Pontianak.

Kepala Perwakilan Kemenkeu Kalimantan Barat, Imik Eko Putro meyampaikan, bahwa peringatan HORI sendiri tidak hanya sekedar untuk memperingati momen pertama kali diterbitkannya Oeang Republik Indonesia (ORI) pada tanggal 30 Oktober 1946 yang sekaligus menjadi simbol pemersatu bangsa dan lambang identitas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia di mata dunia, tetapi juga sebagai salah satu cara untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang berjuang agar bangsa Indonesia dapat mempunyai mata uang sendiri.

Baca Juga :  Dukung Potensi Ekonomi Perbatasan, Kanwil DJPb Kalbar Teken MoU dengan Pemkab Kapuas Hulu

“Dengan beredarnya ORI sebagai alat pembayaran yang sah, maka dan sejak saat itu uang pemerintah Belanda dan Jepang dinyatakan tidak berlaku lagi,” katanya.

Imik melanjutkan, setelah dua tahun tidak tidak terlaksana secara offline akibat adanya Pandemi Covid-19, puncak HORI tahun ini di Kalimantan Barat diperingati dengan suasana yang sedikit berbeda dan penuh harapan dalam menghadapi tantangan menuju pemulihan Indonesia. 

HORI ke-76 tahun ini mengusung tema “Kemenkeu Satu: Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan”. Peringatan HORI ke-76 ini juga, terang Imik, merupakan penguat dalam menanamkan nilai-nilai yang dimiliki Kementerian Keuangan, yaitu nilai integritas, sinergi, pelayanan, profesional, dan kesempurnaan.

Dalam kesempatan tersebut, Imik turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini. 

“Pada kesempatan ini, mewakili rekan-rekan Kemenkeu Satu Kalbar, saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi bapak dan ibu pada acara peringatan HORI ke-76 ini sehingga acara dapat berlangsung meriah dan lancar,” ucapnya.

Baca Juga :  Wagub Kalbar Hadiri Acara Sedekah Akbar Indonesia di Masjid Raya Mujahidin

Imik pun berharap, dengan adanya acara ini dapat meningkatkan sinergi antara Kementerian Keuangan Kalbar, perbankan dan LKBB, serta memberikan manfaat terutama untuk pelaku UMKM, agar lebih produktif sehingga dapat memberikan nilai tambah dalam menggerakkan roda perekonomian nasional.

Sebelumnya, acara puncak HORI ke-76 di Kantor Gubernur Kalbar dimulai sejak pukul 07.00 WIB, dengan diawali melakukan senam bersama, dilanjutkan dengan pembukaan bazar UMKM oleh Gubernur Kalbar dan Kepala Perwakilan Kemenkeu Kalbar.

Selanjutnya diselenggarakan demo anjing pelacak narkotika oleh perwakilan Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Barat, lelang UMKM oleh tim dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Barat dan berbagai hiburan serta pembagian doorprize. 

Selain itu, beberapa hal yang menarik perhatian dalam acara tersebut adalah adanya stand-stand yang memasarkan produk UMKM dan booth yang menyediakan informasi terkait, diantaranya seputar uang rupiah baru, informasi panduan ekspor, informasi terkait lelang, serta pinjaman UMKM (KUR dan UMi). (Jau)

Comment