Dokkes Polresta Pontianak Bantu Pemeriksaan Kesehatan Warga Lansia Sebatang Kara di Pontianak Barat

KalbarOnline, Pontianak – Seksi Kedokteran Kesehatan (Dokkes) Polresta Pontianak membantu pemeriksaan kesehatan terhadap seorang warga lanjut usia (lansia) atas nama Zulkifli (68 tahun), yang tinggal di Perumnas 1 Gang Dahlia, Blok J3, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, Selasa (18/10/2022) siang.

Dari keterangan Kasi Dokkes Polresta Pontianak, IPTU Lijana, kalau sebelumnya pihaknya dihubungi oleh Bhabinkamtibmas Sungai Jawi Luar, Bripka Heri Rudiyanto bahwa ada seorang lansia di wilayah kerjanya yang sakit dan memerlukan pertolongan medis segera.

Baca Juga :  Karya Peserta Festival Film Pelajar Khatulistiwa Bikin Takjub Kemenparekraf

“Dan Bhabinkamtibmas juga menginformasikan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi tinggal sendirian di rumahnya,” kata Lijana.

Dari laporan tersebut, Lijana bersama satu orang dokter dan dua orang tim kesehatan  lapangan berangkat ke lokasi dan segera melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Dari hasil pemeriksaan, kami menyarankan untuk dirujuk ke rumah sakit, namun yang bersangkutan menolak dengan alasan tidak ada yang mengurus apabila dirinya dirawat di rumah sakit,” katanya.

Baca Juga :  Ini Penyebab dan Tanda Kecemasan Sosial pada Balita

Setelah dibujuk, yang bersangkutan tetap menolak untuk dirawat, akhirnya pihak medis memutuskan untuk memberikan obat sesuai dengan diagnosa penyakitnya.

“Dan kami akan tetap memantau perkembangan kesehatannya,” tutur Lijana.

Ditemui di rumahnya, Zulkifli mengapresiasi bantuan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan dari Sidokkes Polresta Pontianak beserta Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Jawi Luar yang peduli dengan kondisi kesehatan dirinya. (Jau)

Comment