PAN Kalbar Buka Pendaftaran Caleg, Boyman: Pileg Bukan Hanya Untuk Kader

KalbarOnline, Pontianak – Kendati pendaftaran calon legislatif (caleg) telah dibuka sejak 6 bulan lalu, namun DPW Partai Amanat Nasional (PAN) masih memberikan peluang bagi siapa saja yang ingin mendaftar menjadi caleg dari PAN, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun pusat, pada pileg 2024 mendatang.

“Penjaringan caleg sudah 6 bulan berjalan, tapi ini buka terus, bahkan nanti ada tim dari pusat untuk melakukan penjaringan caleg–untuk merekrut caleg-caleg yang punya kemauan, dari milenial, pengusaha maupun dari unsur lain, yang ingin gabung dengan PAN, Insya Allah kita akan terima,” kata Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun, Minggu (02/10/2022).

Boyman menyatakan, PAN cukup longgar soal kebijakan siapa saja caleg-caleg yang akan maju pada pileg 2024. Artinya, tidak hanya terbatas dari kader sendiri, namun juga non kader, selama figur yang diusung memiliki kualitas.

“Untuk mencari kader berkualitas demi kemajuan kalbar saya pikir tidak hanya di kader PAN saja, tapi dari unsur lainnya kita akan terima, setelah melihat kemampuan dan track record yang ada,” katanya. 

Untuk mencari caleg-caleg yang potensial, PAN diakui Boyman memiliki mekanismenya tersendiri. Dengan kata lain, PAN tidak akan serta merta mencalonkan seseorang tanpa jelas asal-usulnya.

“Kita akan menerima aspirasi dari masyarakat tentang orang yang mencalonkan itu, kita juga bisa melihat, karena kita sesama orang kalbar tentu akan tahu dengan figur-figur yang mencalonkan itu,” katanya.

“Kalau dia tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh politik, apapun, kalah banyak memberikan manfaat kepada masyarakat atau orang lain, tentu kita akan terima mereka untuk mencalonkan diri (sebagai caleg) dari PAN, baik kabupaten, provinsi maupun pusat,” sambungnya.

Tanpa menyebut angka, Boyman mengaku sudah banyak figur yang kini telah mendaftar sebagai caleg dari PAN. Artinya secara SDM, PAN cukup memiliki modal kuat untuk bertarung di pileg nantinya.

BACA JUGA:  Boyman Harun Puji Upaya Maksimal Gubernur Sutarmidji Tangani Covid

“Sudah banyak yang daftar ke kita, bahkan menurut saya ini adalah orang-orang pilihan yang ada di Kalbar,” katanya. (Jau)

Comment