PAN Laksanakan ToT Tingkat DPW dan DPD se-Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Pelatihan Badan Saksi Nasional Training of Trainers (ToT) tingkat DPW dan DPD se-Kalimantan Barat, pada Minggu (02/10/2022).

ToT ini digelar dalam rangka mempersiapkan pelatih yang bertugas untuk melatih saksi-saksi dari PAN dalam kontestasi pileg, pilkada maupun pilpres 2024 mendatang.

Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun menyampaikan, dalam ToT ini masing-masing DPD termasuk DPW mengirimkan masing-masing 2 orang perwakilannya untuk dilatih. 2 orang ini akan dipersiapkan sedemikian rupa, untuk nantinya melakukan pelatihan kepada para saksi di DPD-nya masing-masing.

“Artinya mereka akan kembali ke daerah masing-masing untuk memberikan ilmunya ke masing-masing saksi yang menjadi saksi dari PAN, baik untuk menghadapi pileg 2024 maupun pilkada,” ujarnya. 

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Launching MTQ ke XXX Tingkat Provinsi Kalbar di Ketapang

Boyman mengatakan, pada pemilu nanti, pihaknya akan menyiapkan sedikitnya 10 orang petugas yang akan ditempatkan di masing-masing TPS. Mereka akan bertugas sebagai saksi, pemantau, pendamping dan lain sebagainya.

“Untuk saksi kemungkinan kita siapkan 10 untuk setiap TPS. Artinya (termasuk) pendamping-pendamping. Kalau saksi berdasarkan peraturan KPU kan hanya boleh 2 (orang) setiap TPS. Tapi pendamping-pendamping (tugasnya) dalam rangka pengamanan suara, pemantau dan lain sebagainya paling sedikit kita 10 (orang),” terangnya 

Boyman juga menjelaskan, bahwa tujuan ToT tersebut, yakni dalam rangka untuk menghasilkan saksi-saksi yang berkualitas. Saksi yang memahami seluk beluk pemilu, tanggung jawab, memahami kerjanya sebagai saksi, TPS dan lainnya.

Baca Juga :  PAN Bahu Membahu Berkontribusi Bantu Masyarakat dan Korban Banjir

“Agar pelaksanaan pemilu atau pileg ini berjalan dengan baik, sesuai aturan dan undang-undang,” kata dia.

Disinggung terkait kesiapan menghadapi pemilu sendiri, Boyman menyatakan bahwa pihaknya sudah sangat siap. Hanya saja, terdapat beberapa pemantapan yang harus dilakukan sebelum pemilu benar-benar dilaksanakan.

“Kesiapan pemilu, pileg, PAN sudah siap dari dulu, cuman kita harus mempersiapkan sarana dan prasarana, agar lebih berkualitas di segala bidang, baik itu saksi, calon-calon-nya maupun kader-kadernya yang ada di seluruh Kalbar,” ucapnya. (Jau)

Comment