PAN Laksanakan ToT Tingkat DPW dan DPD se-Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Pelatihan Badan Saksi Nasional Training of Trainers (ToT) tingkat DPW dan DPD se-Kalimantan Barat, pada Minggu (02/10/2022).

ToT ini digelar dalam rangka mempersiapkan pelatih yang bertugas untuk melatih saksi-saksi dari PAN dalam kontestasi pileg, pilkada maupun pilpres 2024 mendatang.

Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun menyampaikan, dalam ToT ini masing-masing DPD termasuk DPW mengirimkan masing-masing 2 orang perwakilannya untuk dilatih. 2 orang ini akan dipersiapkan sedemikian rupa, untuk nantinya melakukan pelatihan kepada para saksi di DPD-nya masing-masing.

“Artinya mereka akan kembali ke daerah masing-masing untuk memberikan ilmunya ke masing-masing saksi yang menjadi saksi dari PAN, baik untuk menghadapi pileg 2024 maupun pilkada,” ujarnya. 

Boyman mengatakan, pada pemilu nanti, pihaknya akan menyiapkan sedikitnya 10 orang petugas yang akan ditempatkan di masing-masing TPS. Mereka akan bertugas sebagai saksi, pemantau, pendamping dan lain sebagainya.

“Untuk saksi kemungkinan kita siapkan 10 untuk setiap TPS. Artinya (termasuk) pendamping-pendamping. Kalau saksi berdasarkan peraturan KPU kan hanya boleh 2 (orang) setiap TPS. Tapi pendamping-pendamping (tugasnya) dalam rangka pengamanan suara, pemantau dan lain sebagainya paling sedikit kita 10 (orang),” terangnya 

Boyman juga menjelaskan, bahwa tujuan ToT tersebut, yakni dalam rangka untuk menghasilkan saksi-saksi yang berkualitas. Saksi yang memahami seluk beluk pemilu, tanggung jawab, memahami kerjanya sebagai saksi, TPS dan lainnya.

“Agar pelaksanaan pemilu atau pileg ini berjalan dengan baik, sesuai aturan dan undang-undang,” kata dia.

Disinggung terkait kesiapan menghadapi pemilu sendiri, Boyman menyatakan bahwa pihaknya sudah sangat siap. Hanya saja, terdapat beberapa pemantapan yang harus dilakukan sebelum pemilu benar-benar dilaksanakan.

“Kesiapan pemilu, pileg, PAN sudah siap dari dulu, cuman kita harus mempersiapkan sarana dan prasarana, agar lebih berkualitas di segala bidang, baik itu saksi, calon-calon-nya maupun kader-kadernya yang ada di seluruh Kalbar,” ucapnya. (Jau)

BACA JUGA:  HMI Cabang Pontianak Undang Zulfydar, Diskusi Seputar Politik dan Pembangunan

Comment