Serba 12, Bacaleg PAN Kalbar Jalan Kaki ke KPU Besok Diiringi Drumband dan Parade Lintas Budaya

KalbarOnline, Pontianak – Para Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Amanat Nasional (PAN) DPW Kalimantan Barat akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalbar, pada Jumat (12/05/2023).

Dipimpin Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun, pendaftaran ini akan berlangsung semarak melalui seremonial seni dan budaya nusantara.

“Kami dan para bacaleg akan berjalan kaki dari Pontianak Mall (Jalan Teuku Umar) menuju Kantor KPU (Jalan Subarkah) dengan diiringi drumband serta parade lintas budaya,” sebut Boyman didampingi Sekretaris DPW PAN Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar.

“Semua perwakilan suku lengkap dengan pakaian adatnya akan berparade. Ada dari Melayu, Dayak, Tionghoa, Jawa, Madura, Sunda, Padang, Bali, Papua, dan lain-lain,” sampainya.

Anggota DPR RI ini menyebutkan, kalau parade budaya ini adalah simbol bahwa PAN adalah partai yang nasionalis-religius dan merangkul semua golongan tanpa membeda-bedakan suku serta agama.

Baca Juga :  Kunjungi Sejumlah TPS, Ani Sebut Pemilu di Pontianak Berjalan Lancar

“Kita ingin pemilu 2024 ini berjalan damai dan penuh kegembiraan. Bukannya jadi ajang untuk memecah belah masyarakat,” jelas Boyman.

Boyman juga menjelaskan, bahwa pada pendaftaran tersebut akan dipenuhi simbol angka 12 yang merupakan nomor urut PAN. Acara akan dimulai Pukul 12.12 WIB pada tanggal 12 Mei 2023, dilanjutkan dengan Shalat Jumat. Setelah Shalat Jumat, mereka akan berjalan kaki ke Kantor KPU Kalbar yang diiringi berbagai kelompok suku lengkap dengan pakaian tradisionalnya.

“Masing-masing kelompok suku beranggotakan 12 orang. Kebetulan tanggal 12 Mei adalah Jumat, dimana Jumat adalah hari penuh rahmat bagi orang Islam,” sebut dia.

Baca Juga :  Basarnas Siagakan Pasukan

Boyman juga mengimbau kepada peserta parade dan massa pendukung PAN agar dapat bersikap tertib dan santun di sepanjang jalan dan mengikuti tiap tahapan prosesi pendaftaran dengan baik.

Ditanya soal nama-nama bacaleg yang didaftarkan, Boyman memastikan mereka yang diajukan adalah orang-orang pilihan yang telah diseleksi secara ketat oleh partai.

Dengan melihat kapasitas dan kapabilitas serta sejumlah pembekalan kepada para bacaleg tersebut, Boyman optimis kursi PAN di DPRD Provinsi Kalbar akan meningkat. 

“Secara kualitas mereka sudah lolos uji. Secara wawasan dan kepemimpinan mereka layak. Begitu juga elektabilitas, mereka adalah orang-orang yang berpengaruh di masyarakatnya,” sebut dia. (Jau)

Comment