by

Sutarmidji Panjatkan Syukur, Jemaah Haji Kalbar Tiba dengan Selamat dan Sehat Wal Afiat

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji merasa bersyukur bahwa jemaah haji asal Kalbar dapat tiba dengan selamat dan dalam kondisi sehat wal afiat.

Alhamdulillah sampai hari ini masih berjalan lancar,” ungkapnya saat menyambut kedatangan para jemaah haji Kalbar di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Jumat, (29/07/2022).

“Yang hari ini (datang), paling banyak jemaah asal Sambas dan Kubu Raya, kalau jemaah Pontianak besok. Hanya, jamaah asal Sambas masih menginap, besok baru pulang,” sambungnya.

Lebih lanjut diterangkan Sutarmidji, berdasarkan laporan yang diterimanya, bahwa kondisi para jemaah dalam keadaan baik. Ia pun mengaku selalu meng-update kondisi para jemaah ini–baik ketika atau saat menunaikan ibadah haji maupun saat proses pemulangannya.

“Selama 40 hari, saya selalu terima laporan setiap hari dari para pembimbing jamaah. Kalau tak salah, ada 1 jamaah kita yang dioperasi usus buntu di tanah suci, tapi Alhamdulillah sudah baik. Malah usus buntunya sempat pecah, Alhamdulillah bisa ditangani di sana dengan baik,” ungkapnya.

Sungguhpun demikian, Sutarmidji mengaku pihaknya akan terus melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan haji Kalbar, agar kedepan semakin lebih baik lagi.

“Evaluasi pelaksanaan haji tahun ini saya rasa lebih baik dari sebelumnya, mungkin karena kuotanya separuh, jadi panitia haji tidak terlalu repot,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sutarmidji turut menyampaikan beberapa pesan kepada para jemaah haji–sebelum mereka kembali menuju kampung halaman masing-masing. 

Salah satunya ia meminta agar para jemaah dapat terus meningkatkan kualitas ibadahnya kepada Allah SWT (hablumminallah) serta hubungan sosialnya kepada sesama manusia (hablumminannas).

“Tingkatkan kualitas habluminallah, hubungan kepada Allah, dengan cara terus menerus melaksanakan sholat fardhu di awal waktu. Khususnya bagi bapak-bapak, usahakan dapat menunaikan ibadah sholat secara berjamaah di masjid. Perbanyak baca Al-Quran,” pesannya.

BACA JUGA:  Kalbar Tuan Rumah Sispam Kota, Iwan Bule: Sebagai Percontohan Untuk Rekan-rekan Polda se – Indonesia

Kedua, yakni meningkatkan kualitas habluminannas, dengan cara terus menerus menjalin silaturahmi, baik antara sesama jemaah haji dan sesama kaum muslimin lainnya.

“Yang terakhir, tingkatkan sedekah dan infaq kepada orang-orang yang membutuhkan dan peduli kepada sesama,” ujar Sutarmidji.

Sebagai informasi, bahwa jumlah jemaah yang tiba ke Kalbar dari debarkasi Batam pada Jumat ini sebanyak 447 orang. Mereka merupakan jemaah haji asal Kabupaten Sambas, Mempawah, Kubu Raya, Sekadau, Singkawang dan sejumlah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan Petugas Haji Daerah (PHD).

Kepulangan para jemaah haji ini dilakukan secara bertahap, rombongan atau kloter selanjutnya akan menyusul pada hari berikutnya. (Jau)

Comment