Kobar Berjaya, Kampung KB Mandiri ke-2 di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak launching Kampung KB Mandiri Kobar Berjaya di Rusunawa Harapan Jaya, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Pontianak Selatan, Kamis (17/3/2022).

Dengan launching Kobar Berjaya ini, berarti bertambah lagi jumlah Kampung KB di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat,

“Total 8 Kampung KB di Kota Pontianak, 2 sudah Kampung KB Mandiri, termasuk Kobar Berjaya ini,” kata Kabid Pengendalian Penduduk, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Pontianak, Ita Paramita.

Ia mengatakan, bersama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Pontianak, pihaknya senantiasa menggelar kegiatan lomba yang lokasinya di Kampung KB.

“Mudah-Mudahan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap Ita Paramita.

Sementara itu, Camat Pontianak Selatan Martagus mengharapkan, Kampung KB Mandiri Kobar Berjaya ini mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga, mulai dari Pasangan Usia Subur (PUS), Lanjut Usia (Lansia) hingga remaja.

Baca Juga :  Pemain Layangan Terancam Ditipiring

“Sasarannya juga yaitu keluarga yang memiliki Balita, keluarga yang memiliki remaja dan keluarga yang memiliki Lansia,” ujar Martagus.

Ke depan, lanjut dia, untuk pelaksanaan Kampung KB Mandiri ini diserahkan kepada bidang terkait, mulai dari kelurahan, Ketua RT dan RW, tokoh masyarakat serta kader pembangunan.

Martagus berharap, Kampung KB Mandiri Kobar Berjaya ini menjadi gambaran atau miniatur keterpaduan program pembangunan KB.

“Semoga kami mampu memberikan kebutuhan informasi terkait Kampung KB di Kelurahan Kota Baru ini,” tutupnya.

Di tempat yang sama,  Lurah Kota Baru Desi Susanti menjelaskan, dipilihnya RW 14 sebagai lokasi Kampung KB Manidir Kobar Jaya ini untuk mengembangkan potensi Catur Bina, mulai dari Bina Remaja, Bina Lansia hingga Bina Balita.

“Beserta UPPKS juga. Jika dari Balita, remaja sampai Lansia sehat, juga produktif dengan UMKM, tentunya taraf hidupnya akan meningkat,” kata Desi.

Baca Juga :  Komitmen Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Edi: Pemkot Targetkan Akhir 2018 Semua Puskesmas Terakreditasi

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalimantan Barat (Kalbar) Muslimat menuturkan, pencanangan Kampung KB di tingkat nasional sudah dilaksanakan sejak 2016 lalu oleh Presiden Joko Widodo.

Jika dulunya dikenal dengan KB itu sebagai Keluarga Berencana, sekarang diganti sebagai Keluarga Berkualitas.

“Kenapa berubah, karena KB bisa ke semua sektor. Tidak hanya konotasi kepada BKKBN, tapi juga dinas lainnya,” jelas Muslimat.

Muslimat melalui pihaknya juga sedang mengupayakan untuk penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kampung KB. Sehingga dasar pelaksanaannya lebih jelas.

“Bapak dan Ibu jangan takut untuk berperan di Kampung KB karena memang sesuai harapan kami, Kampung KB ini dari masyarakat untuk masyarakat,” pungkasnya.(*)

Comment