BKMT Kabupaten Sintang Organisasi Penggerak Kaum Ibu, Jarot Winarno: Perannya Sangat Penting

KalbarOnline, Sintang – Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Sintang telah mampu menunjukkan eksistensinya sebagai organisasi penggerak kaum ibu.

“Perannya sangat penting untuk mencerdaskan kaum perempuan,” kata Bupati Sintang Jarot Winarno dalam sambutannya yang dibacakan Kabag Kesra Setda Sintang Ulidal Muchtar saat membuka Musda ke V BKMT Kabupaten Sintang digelar di Pendopo Bupati Sintang pada Sabtu 12 Maret 2022.

BKMT, kata Ulidal Muchtar, mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan kaum perempuan untuk dapat diandalkan dalam melakukan upaya pembinaan di keluarga.

Menurut Ulidal, BKMT dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang, karena program-programnya sejalan dengan Visi Bupati dan Wakil Bupati Sintang, yakni upaya peningkatan pemahaman, penghayatan, pengalaman agama dalam kehidupan sosial.

“Hal tersebut sejalan juga dengan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga BKMT, sebagai media pemberdayaan dan pengembangan pendidikan keagamaan, baik bagi anggota organisasi itu sendiri maupun masyarakat luas,” kata Ulidal.

Baca Juga :  Pesan Sutarmidji di Hari Kemenangan: Tetap Jaga Kebersamaan

Kehadiran BKMT mampu berperanndalam di setiap bidang kehidupan dan memberikan kesejukan, semangat cinta akan keberagaman yang dapat menjadi pelopor kesatuan, persaudaraan dan pelopor bagi umat.

“Majelis taklim merupakan bagian lingkungan sosial yang memiliki kedudukan strategis yang berperan sebagai wahana pendidikan yang berusaha menanamkan kegiatan mulia, meningkatkan ketakwaan, pengetahuan dan kecakapan,” papar Ulidal.

Oleh karena itu, Pemkab Sintang sangat mendukung BKMT ini agar majelis taklim dapat menjadi wadah pembinaan umat menuju masyarakat islam yang kaffah.

“Serta dapat dikelola secara sungguh-sungguh dengan mengedepankan pada pembentukan akhlak, perilaku yang sesuai dengan norma nilai adat istiadat,” ucap Ulidal.

Ia pun berpesan kepada peserta Musda V BKMT Kabupaten Sintang 2022 dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan tertib, agar hasilnya bisa bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Baca Juga :  Hadiri Gawai Dayak di Desa Kebong, Bupati Jarot Ingatkan Masyarakat Pentingnya Kelestarian Budaya dan Alam

“Saya berharap kepada para peserta Musda dapat memaksimalkan segala potensi yang ada pada Musda ini, demi kemajuan pendidikan agama di Kabupaten Sintang,” kata Ulidal.

Ia juga minta Ketua BKMT terpilih pada periode 2022-2027 dalam Musda ke V ini dapat menjalankan program secara maksimal. “Meningkatkan syiar agama yang lebih baik lagi,” kata Ulidal menyampaikan pesan Bupati Jarot Winarno.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan Musda ke V BKMT Kabupaten Sintang, Enny Jamilah mengungkapkan, tema yang diusung kali ‘Menciptakan Kader Perempuan Militan yang Berakhlak serta Berilmu dan Beriman’.

“Dengan tema tersebut kita dapat memperkuat dan mempererat tali silaturahmi pengurus BKMT Kabupaten Sintang,” kata Enny.(*)

Comment