Wagub Ria Norsan Lantik 572 Pejabat Fungsional Pemprov Kalbar

Wagub Ria Norsan Lantik 572 Pejabat Fungsional Pemprov Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan 572 orang Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Hal ini merupakan implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2021.

Dalam sambutannya, Wagub mengapresiasi terselenggaranya pelantikan Pejabat Fungsional. Dia berharap sumpah dan janji yang telah diucapkan dapat dihayati dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Pelantikan pengambilan sumpah dan janji jabatan harus dilaksanakan di hari terakhir Tahun 2021. Jika kita tidak melaksanakan pelantikan, kemungkinan akan beresiko tidak mendapatkan tunjangan. Alhamdulillah, kita patut bersyukur dapat melakukan pelantikan hari ini,” jelas Wakil Gubernur di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jumat (31/12/2021).

Baca Juga :  Midji-Cornelis Ingin Sempurnakan Undang-undang tentang Pembentukan Provinsi Kalbar

Salah satu prioritas kerja Presiden Republik Indonesia Tahun 2019-2024 yakni melakukan penyederhanaan birokrasi menjadi dua level dan melakukan peralihan jabatan struktural menjadi jabatan fungsional.

“Pelantikan hari ini dalam rangka melaksanakan Instruksi Presiden. Kemungkinan jabatan struktural hanya ada pada level Eselon I dan II. Sedangkan untuk Eselon III dan IV tidak ada lagi dan diganti dengan jabatan fungsional yang mengedepankan kompetensi dan keahlian,” kata Wagub.

Aparatur Sipil Negara (ASN) harus profesional dalam bekerja karena akan dinilai sesuai keahlian.

“Jadi, kedepan nanti sudah mengarah kepada profesionalitas. Di luar negeri sudah menerapkan hal tersebut, tidak lagi bergantung pada ijazah dalam melamar suatu pekerjaan, tapi sesuai dengan keahlian yang dimiliki,” pinta Wagub Kalbar.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Ingatkan ASN Pemprov Lebih Peka

Selain itu, ASN atau masyarakat diminta untuk mempersiapkan diri agar lebih matang dalam mengikuti perkembangan teknologi.

“Dunia sedang berkembang pesat. Abdi negara dan masyarakat harus selalu update supaya jangan ketinggalan zaman. Untuk itu, siapkan diri dengan matang dan jangan sampai ketinggalan perkembangan teknologi,” katanya.

Kegiatan pelantikan ini turut disaksikan secara langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Samuel beserta seluruh Kepala Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kalimantan Barat.

Comment