Banjir Terjang Melawi, Jalan Nasional Tergenang

Banjir Terjang Melawi, Jalan Nasional Tergenang

KalbarOnline, Melawi – Sejumlah wilayah di Kabupaten Melawi kembali diterjang banjir dua hari terakhir saat diguyur hujan deras.

Ribuan rumah dan beberapa titik jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sintang tergenang dengan ketinggian air mencapai satu meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi, Syafarudin, mengatakan, banjir kali ini lebih besar dibandingkan pekan lalu.

Dia menuturkan, pihaknya kini sedang mengumpulkan data juga menurunkan tim untuk memeriksa lokasi mana saja yang terdampak banjir.

Baca Juga :  Bupati Melawi Minta Bangunan Pasar Kuliner Dirawat dengan Baik

Menurutnya, banjir kali ini hampir merendam wilayah 11 kecamatan di daerah itu. Banjir tersebut juga membuat lalu lintas di jalan nasional area Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh lumpuh karena derasnya air yang meluap hingga ke jalan raya dengan ketinggian mencapai satu meter.

Dikatakan, hingga siang ini, Senin (1/11/2021), debit air masih melaju deras dengan ketinggian bervariasi. Satu titik di jalan nasional di Desa Sidomulyo kawasan terminal bus antar kota sudah tidak bisa dilalui kendaraan roda dua.

Baca Juga :  15 Ribu Jiwa Lebih di Sembilan Kecamatan Terdampak Banjir Ketapang

“Agar bisa melewati jalan tergenang, warga harus memanfaatkan jasa ojek mobil pick up. Kalau kendaraan roda empat masih bisa tetapi juga paling kendaraan truk yang besar,” kata Syafarudin, Senin (1/11/2021).

Selain merendam ribuan rumah dan akses tranportasi, tambahnya, banjir juga merendam sejumlah sekolah hingga aktivitas sekolah lumpuh total.

Comment