by

9 Tempat Wisata yang Ada di Semarang

Anda yang punya rencana berwisata ke Jawa Tengah, khususnya Semarang mungkin sedang bingung dalam menentukan tempat mana saja yang bisa dikunjungi. Nah di bawah ini, ada beberapa tempat yang bisa jadi referensi Anda. Dari mulai tempat yang menawarkan wisata sejarah, hingga tempat yang berpemandangan alam cantik yang bikin hati adem. Apa sajakah tempat-tempat tersebut? Simak uraiannya!

  1. Kota Lama

Kota Lama berlokasi di Jalan Letjen Suprapto, Semarang. Seperti namanya, jalan-jalan ke tempat ini akan membuat Anda melihat-lihat suasana masa lampau. Tepatnya suasana dengan gedung-gedung ala Eropa. Di sana Anda bisa berfoto-foto , yang membuat Anda seperti berada di luar negeri. Kemudian juga menenangkan hati dan pikiran di Taman Srigunting. Atau bahkan berbelanja barang antik, lalu berkeliling di sepanjang jalannya dengan menggunakan sepeda, atau malah melihat-lihat benda-benda seni di Galeri Semarang serta Gereja Blenduk. Semuanya pasti Anda suka.

  1. Benteng Pandem, Ambarawa

Tempat yang satu ini juga menawarkan wisata sejarah. Benteng Pandem atau biasa juga dikenal sebagai Benteng Fort Willem I. Sebuah bangunan tua yang merupakan tempat peninggalan Belanda. Letaknya di Bugisari, Kabupaten Semarang. Menikmati suasana serta bangunannya, dan juga foto-foto berlatar tempat ini, akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

  1. Taman Wilis

Mampir ke tempat ini juga akan membuat Anda terkesan. Pemandangannya yang indah serta udaranya yang sejuk, karena berada di ketinggian, apalagi jika datang di pagi hari yang membuat Anda bisa melihat Matahari terbit, dijamin membuat Anda rileks di sela-sela capeknya berjalan-jalan di Semarang. Taman Wilis berlokasi di Jalan Wilis nomor 3, Kota Semarang.

  1. Bukit Gombel

Bukit Gombel konon merupakan tempat tertinggi di Semarang. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyak dipasangnya berbagai menara pemancar. Dari menara pemancar radio, kemudian televisi, dan juga menara pemancar telekomunikasi.

Bukit yang satu ini akan memanjakan mata kita dengan panoramanya yang indah, hamparan kerlap-kerlip bintang di langit, dan juga temaramnya cahaya lampu kota di malam hari. Kesejukan juga akan meliputi pengunjungnya. Sehingga di sana, Anda bisa menyewa penginapan, atau sekadar mengisi perut di rumah makan yang ada di sana. Berkunjung ke tempat ini bersama dengan orang terkasih atau keluarga, akan menjadikan berwisata ke tempat ini pengalaman tak terlupakan.

  1. Klenteng Sam Poo Kong

Tempat yang satu ini pasti semua orang tahu. Ya, Klenteng Sam Poo Kong. Sebuah tempat yang merupakan bukti dari sejarah perkembangan Islam di Semarang. Tahu siapa tokohnya? Benar, seorang explorer asal negeri tirai bambu yang bernama Laksamana Cheng Ho. Klenteng Sam Poo Kong in sendiri berdiri di Jalan Simongan Raya nomor 129, Kota Semarang.

Saat Anda menjejakkan kaki di sana, mata Anda pasti akan menuju pada kentalnya nuansa Tionghoa. Namun saat diteliti lebih lanjut, nuansa Islam, corak langit-langitnya yang berwarna hijau, serta adanya bedug, pasti mengingatkan Anda pada hal-hal yang islami. Karenanya, Klenteng Sam Poo Kong, selain bisa dijadikan destinasi wisata, juga sering kali jadi tempat tujuan orang-orang dalam wisata religi. Datang ke tempat ini di saat peringatan HUT-nya, atau saat hari raya Imlek akan memberikan pengalaman yang lebih dibandingkan saat-saat reguler.

  1. Brown Canyon

Tempat ini disebut-sebut sebagai Grand Canyon-nya Semarang. Ya, Brown Canyon, sebuah tempat yang indah yang dijamin akan membuat Anda terpukau. Lokasinya sendiri ada di Rawosari, Kota Semarang.

Brown Canyon, dulunya merupakan situs penggalian pertambangan. Akan tetapi kini, Brown Canyon sudah jadi tempat wisata. Pesona tebing-tebing tingginya serta pesona kolam-kolamnya sangat instagramable.

  1. Gardu Pandang Lereng Kelir

Anda yang menyukai tempat-tempat tinggi dengan udaranya yang sejuk, datanglah ke Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir. Sebuah tempat yang akan memberikan pemandangan indah. Lokasinya ada di Dusun Gertas, Kabupaten Semarang.

Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir berada di ketinggian 1384 meter mdpl. Pemandangan Kota Ambarawa, hamparan pegunungan hijau hutan pinus, serta birunya langit di sana sangat memukau mata.

  1. Pantai Tirang

Yang suka pantai, saat ke Semarang bisa mampir di Pantai Tirang. Lembutnya pasir pantai serta serta sunset-nya yang indah pasti akan membuat Anda terpesona. Pantai Tirang berada di sekitar Bandara Ahmad Yani, yakni di Desa Tambakrejo, Kota Semarang.

Selain menikmati pemandangan pantainya, Anda juga bisa memancing. Aneka jenis ikannya pasti membuat Anda tertarik. Muara sungai Silandaknya juga menambah nilai lebih bagi Pantai Tirang ini.

  1. Air Terjun Kali Pancur

Wisata alam yang satu ini juga jangan dilewatkan. Air Terjun Kali Pancur. Sebuah air tejun yang katanya merupakan yang tertinggi di Semarang. Tingginya mencapai 100 meter. Lokasinya sendiri ada di lereng Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang.

Selain air terjunnya yang tinggi, pesona keindahan alam dari Gunung Telomoyo dan juga Gunung Merbabunya sangat cantik. Dijamin deh, suasana yang adem, asri, serta menyejukkan, akan membuat Anda melupakan segala kepenatan keseharian.

Itu dia 9 tempat wisata yang ada di Semarang. Mampir ke salah satu atau bahkan semuanya saat ke Semarang, ya. Apa, Anda malah berencana ke sana dalam waktu dekat? Boleh-boleh saja, tapi jangan lupa, pelajari terlebih dahulu persyaratan naik pesawat terupdate, ya. Sebab sekarang, terkait pandemi Covid-19, ada beberapa pembaharuan yang dilakukan. Tujuannya tentu, demi kesehatan dan keselamatan bersama. Jangan lupa juga untuk selalu disiplin dengan protokol kesehatan. Badan yang sehat adalah yang utama. Supaya kegiatan keseharian Anda bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Comment

Terbaru