by

Ahli Penyakit Menular AS: Setiap Orang Dapat 2 Dosis Vaksin Covid-19

KalbarOnline.com – Menteri luar negeri Tiongkok Wang Yi meminta pemerintahan Amerika Serikat (AS) di bawah pimpinan Presiden Joe Biden untuk bekerja dengan Beijing guna membuka kembali dialog antara kedua negara. Hal itu perlu dilakukan untuk memulihkan hubungan bilateral yang rusak di ketika AS Donald Trump.

Wang, seorang anggota dewan negara dan menteri luar negeri Tiongkok, mengatakan tindakan pemerintahan Trump untuk menekan dan menahan Tiongkok menimbulkan kerugian yang tak terukur.

Oleh karena itu, ia meminta Washington untuk menghapus tarif terhadap barang-barang Tiongkok dan meniadakan penindasan yang tidak rasional terhadap sektor teknologi Tiongkok.

Wang juga mendesak Washington untuk menghormati kepentingan inti Tiongkok, berhenti mencampuri urusan dalam negeri Beijing dan berhenti berkomplot dengan pasukan separatis untuk kemerdekaan Taiwan.

’’Selama beberapa tahun terakhir, Amerika Serikat pada dasarnya memutuskan dialog bilateral di semua tingkatan,’’ kata Wang dalam sambutan yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, seperti diketip Antara dari Reuters. “Kami siap untuk melakukan komunikasi jujur dengan pihak AS, dan terlibat dalam dialog yang bertujuan untuk memecahkan masalah,” ujar dia.

Wang menunjuk pada panggilan baru-baru ini antara Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden sebagai langkah positif.

Comment

News Feed