by

Update Covid-19 di Ketapang, Jumlah ODP Bertambah Jadi 60 Orang

KalbarOnline, Ketapang – Jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP) virus corona Covid-19 terus bertambah di Kabupaten Ketapang dari jumlah sebelumnya 48 orang, saat ini telah bertambah 14 orang, sehingga total ODP di Ketapang menjadi 60 orang, Sabtu (28/3/2020).

Namun dari angka tersebut, 2 orang ODP telah berubah status. Satu ODP telah meningkat statusnya menjadi PDP dan meninggal dunia, sementara satu orang lainnya telah selesai menjalani masa isolasi mandiri.

Juru Bicara Gugus Tugas Posko Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Ketapang, Rustami mengatakan kalau 14 ODP baru tersebut berasal dari Kecamatan Muara Pawan, Delta Pawan, Benua Kayong, Sandai dan Manis Mata.

“Hari ini terjadi penambahan ODP sebanyak 14 orang, 7 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Jadi total ada 60 ODP,” katanya.

Selain itu, Rustami sapaan akrabnya menyebutkan juga terdapat pengurangan 2 ODP. Satu telah berubah status dan meninggal yang lainya telah dinyatakan selesai menjalani pemantauan isolasi rumah oleh pihaknya.

“Satu ODP yang telah meninggal kemarin, satunya pada hari ini telah selesai pemantauannya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Ketapang ini juga menyebutkan, ODP yang baru ini berusia antara 5 hingga 59 tahun tersebut baru saja pulang berkunjung dari daerah Sintang, Semarang, Jakarta dan Pontianak.

Untuk itu, ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar menunda rencana berpergian keluar daerah. Terutama berkunjung ke daerah-daerah yang terdapat penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Sehingga dapat memutus rantai penularan.

“Kami harapkan masyaraka agar mengurangi berpergian untuk menghindari dari pada rantai penularan, agar kita dapat memutus rantai penularan Covid-19 ini dengan segera sehinga kita dapat segera bebas dari Covid-19 di Kabupaten Ketapang,” imbaunya.

Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah dan selalu mejaga pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi.

“Sekali lagi saya mengingatkan untuk menghindarkan diri dari keramaian, menjaga diri dengan hidup sehat serta selalu cuci tangan pakai sabun setalah berpergian dan kegitan aktivitas di luar rumah,” tandasnya. (Adi LC)

Comment

News Feed