LBH APIK: Kampanyekan Nikah Dini, Aisha Weddings Promosikan Pedofilia

KalbarOnline.com – Aisha Weddings sedang menjadi perbincangan hangat, terkait iklannya tentang pernikahan dini. Pasalnya, dalam perundang-undangan, menikah di usia dini tidak diperbolehkan minimal 19 tahun, namun mereka mengkampanyekan pernikahan dapat dimulai dari 12 tahun.

Mengenai hal itu, Ketua Pengurus Asosiasi Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) Nursyahbani Katjasungkana menyampaikan, hal  itu sama saja dengan mempromosikan pedofilia.

Sebab, jika pernikahan itu benar-benar terjadi, akan menimbulkan adanya pemaksaan hubungan seksual sejak usia dini. Hal ini, kata dia telah melanggar UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Baca Juga :  Bupati Dadi Ajak Semua Pihak Cegah Pernikahan Dini 

Dalam pasal 8, disebutkan bahwa setiap anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual, dan sosial. Dengan adanya tindakan itu, maka Aisha Wedding dianggap telah mempromosikan pedofilia.

’’Aisha Weddings ini mempromosikan pedofilia, karena mempromosikan hubungan seksual dalam hal ini anak-anak perempuan dan itu jelas dalam pasal 8 di UU Perlindungan Anak, ini membahayakan sekali. Saya shock,’’ serunya dalam Telekonferensi Pers Respon Terhadap Kasus Promosi Perkawinan Anak, Kamis (11/2).

Mempromosikan perkawinan anak, perkawinan paksa, perkawinan siri, poligami ini juga dianggap sebagai kejahatan perdagangan manusia. Polemik ini pun juga melanggar UU Nomo 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang menyatakan tidak boleh mempromosikan hal yang bertentangan dengan hukum, etika, norma sosial dan kesusilaan.

Baca Juga :  Rekomendasi Produk Pasta Gigi Berbahan Natural Untuk Anak Yang Aman

’’Itu (kasus) ini hanya puncak gunung es, karena kita selama ini mendiamkan, dan atau melaporkan, tapi polisi sangat sempit melihatnya, melihat lewat KUHP saja, tidak melihat dalam perspektif dan visi Indonesia ke depan, terutama yang berkaitan dengan pencapaian SDGs,’’ kecam dia. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment