Menag Harapkan Siswa LP Ma’arif NU Melek Teknologi

KalbarOnline.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan diarahkan bagi kesejahteraan umat manusia dan pembangunan sumber daya manusia. Hal ini salah satunya ditujukan kepada Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU).

“Pengembangan ilmu pengetahuan seharusnya bersifat menyatu dengan nilai-nilai keagamaan, seperti nilai keadilan, menghormati orang lain, tasamuh, dan silaturrahim, dihayati sungguh-sungguh dan kemudian dipraktikkan,” terang dia dalam keterangannya, Rabu (10/2).

Syarat utama menciptakan lembaga pendidikan yang berdaya saing terletak pada pembenahan tata kelola, perbaikan manajemen sampai dengan aspek kepemimpinan. “LP Ma’arif NU memiliki potensi besar menjadi lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif sekaligus,” jelasnya.

Baca Juga :  Ini Syarat Pembukaan Madrasah dan Pesantren

Ketua LP Ma’arif PBNU Zainul Arifin Junaidi dalam laporannya mengatakan ada beberapa kegiatan dari LP Ma’arif yang belum dilaksanakan karena terkendala Pandemi Covid-19. Pihaknya juga telah menyampaikan masukan terkait Konsep Peta Pendidikan kepada Kemendikbud.

Menurutnya, peta jalan pendidikan sangat penting sebagai upaya menata pendidikan hari ini dan masa yang akan datang dengan menggunakan tren global dan masa depan.

Baca Juga :  Suzuki Marine Ciptakan Alat Pengumpul Plastik Mikro Pertama di Dunia

Sebab, pembelajaran sebagai pijakan tanpa mengabaikan dimensi historis dan religiustas bangsa Indonesia yang semestinya menjadi titik awal refleksi, evaluasi dan antisipasi.

“Dengan adanya peta jalan pendidikan, pendidikan di Indonesia dapat dikawal secara konsisten meskipun terjadi pergantian pengambil kebijakan di bidang pendidikan, peta jalan menjadi pengikat para pengambil kebijakan di bidang pendidikan,” tandas Zainul.

Comment