Isuzu Indonesia Beri Sinyal Luncurkan MU-X Generasi Baru Tahun Ini

KalbarOnline.com –  Saat ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memang memastikan akan lebih fokus untuk memasarkan produk-produk di segmen komersial. Seperti diketahui hingga saat ini IAMI hanya mempunyai satu model yang bermain di segmen mobil penumpang yaitu Isuzu MU-X.

Mobil SUV yang dipasarkan di Indonesia saat ini merupakan generasi kedua, namun pihak IAMI berencana akan meluncurkan generasi ketiga dari Mu-X di Indonesia tahun 2021.

Sebenarnya penantang Pajero Sport, Fortuner, dan Terra ini sudah lebih dulu meluncur di Thailand. Dari tampilan eksterior, Isuzu MU-X mempunyai desain yang berbeda dengan Isuzu D-Max.

Pada lampu utama Isuzu MU-X juga terlihat lebih ramping dan menyipit. Ya, memang saat ini tampilan Isuzu MU-X tidak sama dengan D-Max yang menggunakan atap penuh.

Desain gril juga lebih kecil sedangkan pada bagian belakang lampunya lebih ramping dibanding model sebelumnya dengan penambahan tulisan “Isuzu”.

Baca Juga :  Gonta Ganti Jenis dan Merek BBM Bikin Rusak Kendaraan

Sedangkan pada kaca samping Isuzu MU-X mengalami perubahan tidak lagi dilengkapi dengan pilar C yang berukuran besar. Pilar D berlabur warna bodi utama, berbeda dengan Isuzu MU-X model lama.

Isuzu MU-X generasi tiga mamakai basis dari D-Max generasi terbaru, dan mempunyai dimensi lebih besar dari generasi sebelumnya. Mempunyai panjang 4.850 mm (+25 mm), lebar 1.870 mm (+10 mm), tinggi 1.875 mm (+35 mm), dan sekarang memiliki jarak sumbu roda 2.855 mm (+10 mm).

Isuzu Mu-X saat ini dibekali dengan mesin empat silinder turbo diesel. Di Thailand diberikan dua pilihan mesin yaitu mesin RZ4E-TC 1.9 liter bertenaga 150 PS dan torsi maksimal 350 NM. Lalu mesin 4JJ3-TCX 3.0 liter dengan 190 PS dan 450 Nm.

Selain itu ada dua pilihan transmisi, manual enam percepatan dan otomatis enam percepatan serta juga ada pilihan penggerak roda dua dan penggerak empat roda.

Baca Juga :  NGK Resmi Pasok Busi Khusus Motor Enduro Cross ke Sherco

Menanggapi kemunculan Isuzu MU-X generasi baru Direktur Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Rahmat Samulo menyatakan peluncuran Isuzu Mu-X ini berbarengan dengan perbaikan layanan purna jualnya.

“Saya harapkan pelaksanaan perbaikan ini sudah ada kemajuan. Kita harapkan bisa kita rasakan all new MU-X diluncurkan di Indonesia, mudah-mudahan kita bisa mengenalkan model ini di sekitar akhir tahun ini,” ujar Rahmat Samulo saat konferensi pers virtual, Rabu (10/2).

Sebagai informasi, penurunan Isuzu Mu-X terasa sejak tiga tahun ke belakang. Melihat data wholesales Gabungan Asosiasi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Penjualan mobil SUV mid-size ini terus menurun.

Pada 2018 hanya mampu mendistribusikan 508 unit, sedangkan di 2019 turun lagi hingga menjadi 107 unit, dan pada 2020 bahkan tak sampai 100 unit. Kita tunggu saja kehadiran Isuzu MU-X yang dijanjikan akan meluncur tahun ini.

Comment