Beredar Ribuan Hoaks Covid-19, Johnny Blokir 1.926 Akun Medsos

KalbarOnline.com – Menteri Komunikasi dan Infomatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, tercatat ada 1.488 informasi berita bohong atau hoaks terkait virus Covid-19 dan vaksinasi. Hal itu terjadi sejak 30 Januari 2020 sampai 30 Januari 2021.

“Hal ini jelas menjadi perhatian dari pemerintah. Karena dari 1.488 hoaks terdiri dari 1.396 temuan hoaks soal Covid-19 dan 92 isu hoaks vaksin,” ujar Johnny di Gedung DPR, Jakarta, Senin (1/2).

Baca Juga :  Kemenag Lakukan Pemetaan Awal untuk Dorong Kemandirian Pesantren

Johnny yang juga merupakan, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem itu mengungkapkan, setidaknya, isu hoaks tersebut tersebar di 2.209 konten media sosial dengan rincian 1.672 di Facebook, di Istagram sebanyak 21, Twitter sebanyak 488 dan Youtube sebanyak 28.

“Sudah 1.926 konten dilakukan takedown atau diblokir, sisanya masih dalam proses,” katanya.

Baca Juga: Setelah Ditunggu 4 Jam, BKN Terima Maaf Abu Janda

Baca Juga :  Anak Sekolah Ikut Demo UU Ciptaker, Kemendikbud Angkat Bicara

Untuk menekan isu hoaks terkait Covid-19 dan vaksinnasi tersebut, Kemkominfo bersama Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) melakukan literasi ke masyarakat terkait hal tersebut.

Hal itu dilakukan, supaya masyarakat bisa mengetahui bahwa berita yang beredar di media sosial tersebut adalah hoaks.

“Kemudian, klarifikasi terhadap hoaks, pembuatan kanal informasi resmi terpercaya yang bekerjasama dengan pemangku kepentingan,” pungkasnya.

Comment