Mahfud MD: Indonesia Patut Bersyukur Mempunyai NU

KalbarOnline.com – Nahdlatul Ulama (NU) pada hari ini, Minggu (31/1) resmi berusia 95 tahun. Berbagai ucapan pun disampaikan oleh sejumlah tokoh nasional, salah satunya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Menurut Mahfud, masyarakat Indonesia mesti bersyukur dengan adanya NU sebagai organisasi masyarakat (ormas) yang memiliki jiwa nasionalisme. Apalagi, NU juga berkontribusi atas kemerdekaan Indonesia pada saat itu.

“Selamat hari jadi NU yang ke 95. Bangsa Indonesia patut bersyukur mempunyai NU, ormas Islam yang menyebarkan Islam yang ramah, mempertemukan prinsip ke-Islaman dan paham kebangsaan, menyemai dan membangun nasionalisme yang kemudian ikut mengantarkan Indonesia merdeka,” cuit dia melalui akun Twitter @mohmahfudmd yang dikutip KalbarOnline.com, Minggu (31/1).

Baca Juga :  Trauma Terenggutnya Nyawa Kakak Dulu

Dia juga menyinggung dalil Hubbul wathon minal iman atau cinta Tanah Air adalah bagian dari iman yang merupakan hasil kajian Al-Qur’an daripada NU. Hal tersebut merupakan bukti NU memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

Baca Juga: Pernyataan Nadiem Soal Polemik Jilbab Lukai Dunia Pendidikan

“Ungkapan Hubbul wathon minal iman bukan ayat Qur’an atau pun Hadits Nabi. Tapi ia merupakan ungkapan dalil yang secara fiqhiyah diciptakan oleh NU melalui istinbath (penggalian) terhadap nilai-nilai Qur’an dan Hadits sehingga sangat Islami dan Indonesiawi,” pungkasnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdalatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj mengungkapkan rasa syukurnya bahwa NU masih berada di jalan yang benar. Menurutnya, NU sudah melampaui perjalanan yang panjang bagi Indonesia.

Baca Juga :  GP Ansor Curiga Ada Agenda Gelap di Balik Desakan Erick Mundur

Kontribusinya juga sudah sangat banyak bagi negeri. Meskipun banyak jalan terjal tapi mampu dilalui NU. ”NU sudah banyak andil kontribusinya untuk bangsa ini. Sudah banyak liku-likunya kadang menjumpai perjalanan yang mudah tapi tidak sedikit kita jumpai perjalanan yang terjal yang belok-belok dan terjal. Alhamdulillah sampai hari ini NU masih on the right track menjalankan amanah yang kita warisi dari para ulama pendiri NU,” ujar Said Aqil dalam Harlah NU ke-95 secara virtual di Jakarta, Sabtu (30/1).

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment