Lomba Foto Stenin 2021 Digelar, Pengiriman Hasil Karya Telah Dibuka

KalbarOnline.com – Lomba foto jurnalistik internasional Andrei Stenin kembali digelar. Untuk tahun 2021 ini merupakan gelaran yang ketujuh kalinya dan dipusatkan di Moskow, Rusia. Sesuai tradisi, pengiriman entri hasil fotografer muda telah dibuka pada hari ulang tahun koresponden foto khusus Rossiya Segodnya, mendiang Andrei Stenin, pada 22 Desember.

Seperti diketahui, lomba foto tersebut untuk mengenang mendiang Andrei Stenin. Dia adalah wartawan foto khusus KBI Rossiya Segodnya yang tewas pada Agustus 2014 saat meliput perang Ukraina. Stenin tewas di Donbass, Ukraina.

Lomba foto pers internasional Andrei Stenin, yang diselenggarakan oleh Rossiya Segodnya di bawah naungan Komisi Federasi Rusia untuk UNESCO, bertujuan untuk mendukung fotografer muda dan menarik perhatian publik terhadap tantangan jurnalisme foto saat ini. Ini adalah platform untuk fotografer muda, individu berbakat dan sensitif yang terbuka untuk semua hal baru, untuk menyoroti orang dan aktivitas di sekitar kita.

Fotografer profesional berusia 18-33 dapat mendaftar melalui https://stenincontest.com dalam bahasa Inggris dan Mandarin (https://cn.stenincontest.com). Seri foto dan foto tunggal dapat dikirimkan dalam empat kategori yakni Top News, Sport, My Planet, dan Portrait: A Hero of Our Time. Satu entri tunggal dan satu seri foto dapat dikirimkan di masing-masing dari empat kategori. Pengajuan bisa dilakukan hingga 28 Februari 2021.

Baca Juga :  Pasukan Militer Rusia Kuasai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl Ukraina
Lomba foto jurnalistik internasional Andrei Stenin kembali digelar dan untuk 2021 merupakan gelaran ketujuh (Istimewa)

Pemenang untuk gelaran 2021 ini akan mendapatkan hadiah 125.000 rubel, 100.000 rubel, dan 75.000 rubel untuk tempat pertama, kedua, dan ketiga di setiap kategori. Sedangkan pemenang penghargaan tertinggi dan disebut Grand Prix akan menerima 700.000 rubel.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, jurnalis foto muda akan memiliki kesempatan untuk memamerkan karya mereka di Rusia dan internasional. Seperti diketahui, pameran tur dari para pemenang kontes foto Stenin telah menjadi bagian integral dari proyek dan telah dipertunjukkan di banyak kota di Eropa, Asia, Amerika Latin, Afrika, dan Timur Tengah.

Baca Juga :  Mawar Merah dan Pita, Dukungan untuk Istri Alexei Navalny

Sejak 2018, markas besar PBB di New York telah menjadi salah satu tempat pameran bagi para pemenang kontes foto Stenin. Sejak 2019, pameran kontes juga diadakan di Council of Europe di Strasbourg.

Oksana Oleinik, kurator kontes foto dan Ketua Visual Projects Service di Rossiya Segodnya, mengaku senang kontes foto Stenin kembali digelar pada 2021.

“Kembali mengelar kontes foto internasional Stenin seperti suntikan adrenalin bagi kami. Kami menanti kegembiraan atas karya baru, nama baru, dan penemuan baru. Tahun ini, dimulainya kontes dalam kondisi sulit di seluruh dunia akibat pandemi Covid-19. Realitas baru dapat mengubah kebiasaan, mendikte kondisi kerja yang baru, tetapi tidak dapat mengubah nilai-nilai dasar seperti profesionalisme, keinginan untuk menciptakan dan berbagi ide dan visi Anda tentang dunia dengan audiens potensial,” sebut Oksana.

“Kontes ini berjalan sesuai rencana. Kami percaya peserta akan antusias. Kami berharap dan menunggu mereka mengirimkan karya baru, perspektif, dan topik baru. Dan, tentu saja, kami mendoakan keberuntungan dan kemenangan bagi mereka!” pungkas Oksana.

Comment