Innalillahi, Mantan Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprodjo Tutup Usia di RSPAD

KalbarOnline.com – Kabar duka datang dari Keluarga besar Tentara Nasional Indonesia (TNI), Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprodjo (93 tahun) wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebaroto, Jakarta Pusat, Sabtu (16/1/2021).

“Innalillahi wa innaulaihi rojiun.. Telah meninggal dunia LetJend Sayidiman Suryohadiprodjo di RSPAD pada jam 16.35 hari ini Sabtu 16 Januari 2021 dalam usia 93 tahun..
Mohon doanya..,” demikian kabar yang disampaikan Daisy yang merupakan menantunya.

Ketua Umum DPP Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Letjen TNI (Purn) Rais Abin pun membenarkan kabar meninggalnya salah seorang sesepuh dan legenda TNI itu.

Baca Juga :  Hari Pramuka ke-59, Lanosin Ajak Masyarakat OKU Timur Disiplin dan Kompak Tangani Covid-19

“Iya, saya dengar kabar wafat pukul 16.00 WIB tadi,” kata salah seorang tokoh TNI Letjen TNI (Purn) Rais Abin kepada wartawan.

Sayidiman pernah menjabat sebagai Wakil KSAD dan Gubernur Lemhannas Letjen (Purn) Sayidiman Suryohadiprojo.

Lahir di Bojonegoro, Jawa Timur pada 21 September 1927, Sayidiman merupakan lulusan terbaik Akademi Militer Yogyakarta 1948. Dia pernah ikut dalam perang kemerdekaan melawan penjajah.

Baca Juga :  ShopeePay Perluas Jangkauan ke 500 Lebih Outlet Planet Ban  

Ketika berdinas di TNI, Sayidiman pernah ditugaskan melawan pemberontakan Darul Islam, PRRI/Permesta, dan G30S/PKI.

Di luar penugasan bidang militer, Sayidiman pernah menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang (1979).

Sayidiman juga dikenal sebagai jenderal intelektual karena menelurkan berbagai buku, di antaranya Taktik dan Tehnik Infantri (karya terjemahan, 1954) Pancasila, Islam, dan ABRI (1992), Sayidiman’s Collected Writings-in English, Dutch, & Deutsch (2014), hingga Masyarakat Pancasila (2019). [rif]

Comment