by

Profesor Achmad Syahid dan Profesor Bambang Suryadi Dikukuhkan Jadi Guru Besar UIN Jakarta

KalbarOnline.com — Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta kembali mengukuhkan guru besar, yaitu Profesor Achmad Syahid dan Profesor Bambang Suryadi. Prosesi pengukuhan mengikut protokol kesehatan di era pandemi dan disiarkan secara daring.

“Atas nama pribadi maupun sivitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan penuh kebanggaan, saya ingin memberikan selamat dan apresiasi atas dikukuhkannya 2 orang Professor baru kita yaitu Prof. Dr. Drs. Achmad Syahid, M.Ag sebagai Guru Besar Bidang Pemikiran Islam dan Prof. Bambang Suryadi, M.Ed, Ph.D sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Psikologi Pendidikan dan Konseling pada Fakulas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” kata Rektor UIN Jakarta Profesor Amany Lubis, di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Rektor menjelaskan, pengukuhan dua guru Profesor Achmad Syahid sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pemikiran Islam dengan judul orasi ilmiah “Manusia-manusia Polymath” dan Profesor Bambang Suryadi, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Psikologi Pendidikan dan Konseling dengan judul orasi ilmiah “Religiusitas: Konsep, Pengukuran, dan Implementasi di Indonesia” memberikan optimisme baru dalam rangka menambah kajian keilmuan di bidang pemikiran islam dan psikologi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Kajian pemikiran islam sungguh memiliki spectrum dan lingkup yang begitu luas sehingga membuka peluang kreatifitas kajian yang terbuka. Kajian tokoh tokoh ilmuwan muslim misalnya sungguh sangat mencengangkan karena menghasilkan temuan yang luar biasa. Betapa tidak! Banyak sekali tokoh tokoh jenius muslim zaman lalu dengan multi keahlian yang disebut Polymath yang sangat sukses di zamannya,” paparnya.

Ke depan, Rektor Amany berharap, muncul ilmuwan muslim polymath dari tanah air secara khusus UIN Jakarta yang memiliki multi talenta atau keahlian di berbagai bidang yang pastinya akan sangat membanggakan kita semua.

“Saya juga sangat berharap, di masa mendatang, banyak bermunculan para Psikolog Muslim dari UIN Jakarta yang akan mewarnai Indonesia dan dunia,” jelasnya.

Diketahui, berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 69107 tahun 2020, Profesor Achmad Syahid diangkat sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu Pemikiran Islam. Pendidik kelahiran Banyuwangi tahun 1968 ini sehari-hari mengajar di Fakultas Psikologi mengajar sejumlah mata kuliah seperti Studi Islam I-II, Filsafat Manusia, Filsafat Ilmu dan Logika, dan Islam dan Ilmu Pengetahuan.

Adapun Profesor Bambang Suryadi, diangkat menjadi guru besar berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 69109 tahun 2020 dalam bidang ilmu Psikologi Pendidikan dan Konseling. Pendidik kelahiran Sragen tahun 1970 ini sehari-hari mengajar di Fakultas Psikologi mengampu mata kuliah Metode Penelitian Psikologi, Psikologi Faal, Psikologi Konseling, Pengukuran dan Evaluasi Psikologi Pendidikan. Sejak Agustus 2020 lalu, Bambang yang menamatkan pendidikan magister dan doktoralnya di bidang Psikologi Pendidikan dan Konseling di University of Malaya ini diangkat menjadi Atas Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Mesir. Sebelumnya, ia juga pernah menempati jabatan di sejumlah lembaga seperti Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017-2019). (ind)

Comment

News Feed