by

Banyak Relawan di JICT Reaktif Covid-19, Basarnas Imbau Disiplin 3M

KalbarOnline.com – Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman mengungkapkan, relawan hingga petugas di posko terpadu Dermaga JICT II banyak yang reaktif Covid-19. Karena itu, dia menekankan untuk disiplin protokol kesehatan.

“Artinya di sekeliling kita ini ada wabah itu. Oleh karena itu saya menekankan untuk mari kita disiplin terhadap protokol kesehatan,” kata Rasman di Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/1).

Dia tidak membeberkan berapa banyak petugas dan relawan yang reaktif Covid-19. Hal itu diketahui setelah tim kesehatan yang bertugas di posko terpadu JICT II melakukan rapid tes antigen.

Baca Juga: Fatwa Final Vaksin Covid-19 Halal Tinggal Tunggu BPOM

“Tidak boleh lagi berkeliaran di sini. Langsung diisolasi, tidak boleh berkegiatan lagi di sini,” ujar Rasman.

Oleh karena itu, dia mengharapkan relawan hingga petugas yang melakukan aktivitas di posko terpadu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Utamanya menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

“Jangan pernah menganggap bahwa diri kita sehat. Makanya ada namanya OTG (orang tanpa gejala). Makanya saya yang kayak gini-gini jangan terlalu lama kita,” urai Rasman.

Rasman pun memastikan, setiap personel SAR yang bertugas terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatan. Hal ini semata untuk mencegah Covid-19.

“Kalau di lapangan, yang jelas sebelum terjun ke lapangan kita lakukan pengecekan, terutama pada saat dia bergerak dari sini naik kapal, dicek dulu, benar-benar sehat, termasuk Covid-19,” pungkas Rasman.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed