by

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju Jilid 2, Jokowi Tunjuk Risma dan Sandiaga Uno Jadi Menteri

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju Jilid 2, Jokowi Tunjuk Risma dan Sandiaga Uno Jadi Menteri

KalbarOnline, Nasional – Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan pergantian susunan kabinetnya, Selasa (22/12/2020). Tri Rismaharini hingga Sandiaga Uno kini masuk dalam jajaran menteri. Melalui siaran langsung, Presiden Jokowi mengumumkan kocok ulang alias reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju jilid 2.

“Bapak, Ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi seperti disiarkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Nama pertama yang dipanggil Jokowi ialah Tri Rismaharini atau yang dikenal dengan nama Risma. Dia adalah Wali Kota Surabaya, yang kini diberi tugas Jokowi sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus korupsi.

“Yang pertama Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” ucap Jokowi.

Setelahnya Jokowi memanggil nama Sandiaga Uno. Mantan cawapres Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 ditugaskan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

“Saya ingin mengenalkan tapi kita semuanya saya kira sudah tahu, yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno,” kata Jokowi.

Setelahnya, ada nama Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan juga dikenalkan satu per satu oleh Jokowi. Mereka akan resmi dilantik pada Rabu, 23 Desember 2020.

“Pelantikan Insya Allah Rabu besok,” tutup Jokowi.

BACA JUGA:  Dompet Dhuafa Terjunkan 24 Konsultan Relawan ke Berbagai Pelosok Nusantara

Comment