Gojek Lewat ‘Gopay’ Beli Saham Bank Jago Rp 2,25 Triliun

KalbarOnline.com – PT Dompet Karya Anak Bangsa (GoPay), sayap fintech dari Gojek, resmi menambah kepemilikan saham di PT Bank Jago Tbk. Aksi korporasi ini merupakan bagian dari rencana investasi jangka panjang dan kemitraan strategis untuk mendorong percepatan inklusi keuangan di Indonesia.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), diketahui Gopay sebelumnya telah memiliki 449,14 juta saham yang setara dengan 4,14 persen saham Bank Jago. Kemudian, Gopay membeli 1,95 miliar saham atau 18,02 persen lagi pada hari ini, Jumat (18/12/2020).

Investasi yang dilakukan melalui bisnis layanan keuangan dan pembayaran digital ini, menjadikan Gojek sebagai pemegang 22% saham Bank Jago.

Baca Juga :  Wow! Pengguna Mypertamina di Jawa Tengah dan Yogyakarta Meningkat 800 Persen

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek, mengatakan bahwa investasi di Bank Jago merupakan bagian dari strategi bisnis jangka panjang yang akan memperkuat pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Gojek ke depannya.

“Melalui kolaborasi ini, kami juga dapat mengembangkan model agar bisa bermitra dengan berbagai institusi perbankan lainnya. Kami ingin terus meningkatkan kerjasama seperti ini, agar aplikasi Gojek dapat semakin menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan finansial mereka,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Baca Juga :  Peringatan HUT Ke-18, Isdianto Ajak Masyarakat Jadikan Kepri Semakin Maju

Bank berbasis teknologi seperti Bank Jago akan memperkuat ekosistem Gojek sekaligus akan membuka akses yang lebih luas kepada layanan perbankan digital bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi kedua perusahaan untuk mendorong percepatan inklusi keuangan di Indonesia. Kolaborasi ini akan menjadi awal dari cara baru dalam menawarkan layanan keuangan kepada para pengguna Gojek.

Terlaksananya transaksi ini tidak mengubah pengendalian saham di Bank Jago. PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) dan Wealth Track Technology (WTT) tetap sebagai pemegang saham pengendali dengan total kepemilikan saham 51%. [rif]

Comment